Rekomendasi Spek Komputer Akutansi Kantoran

Rekomendasi Spesifikasi Komputer Akuntansi Terbaik

Posted on

Saat ini, hampir semua bisnis, perusahaan, dan akuntan menggunakan software untuk penjualan, pengelolaan data, statistik pesanan, serta penjualan. Jadi spesifikasi komputer seperti apa yang cocok untuk komputer akuntansi? Disini kami akan memberikan beberapa rekomendasi spesifikasi komputer akuntasi terbaik.

Hal Yang Harus Derhatikan Ketika Membeli Komputer Akutansi?

Hal Yang Harus Derhatikan Ketika Membeli Komputer Akutansi

Sebelum menjawab pertanyaan ini, Kamu perlu mendefinisikan dengan jelas kriteria berikut untuk dapat memilih komputer akuntansi terbaik untuk kantor :

Pertimbangkan biaya membeli komputer

Biaya adalah catatan pertama dan terpenting ketika merakit komputer akuntansi kantor. Tentukan kebutuhan Kamu dan kemungkinan harga, dari memilih spesifikasi komputer yang sesuai untuk akuntansi dan juga untuk menghindari pemborosan.

Tujuan penggunaan komputer untuk akuntan kantor

Sebagian besar staf kantor dan akuntan ingin menggunakan komputer yang dapat dengan lancar menjalankan perangkat lunak perkantoran: Excel, Word, Outlook Mail, Power Point ataupun digunakan untuk menginstal software akuntansi seperti: AX, Misa, Bravo, SAP, dan Fast.

Selain itu, komputer untuk akuntan kantor perlu: digunakan untuk waktu yang lama, stabil dan dapat meng-upgrade komputer bila diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan. Dan harus dikontrol dan memiliki keamanan data tinggi.

Komponen Mana Yang Harus Diprioritaskan Untuk Membeli Komputer Akuntansi Untuk Kantor?

Karakteristik pekerjaan pekerja kantoran, akuntan, staf administrasi dan audit seringkali tidak perlu menggunakan konfigurasi komputer yang tinggi seperti profesi desain grafis dan editor video.

Chip CPU Intel Core i3 generasi ke-4 atau lebih tinggi, dikombinasikan dengan kapasitas memori RAM 4GB atau lebih, hard drive SSD 120G juga dapat memenuhi kebutuhan pekerjaan akuntan. Jadi ketika memilih untuk mengkonfigurasi komputer akuntansi kantor, Anda perlu memperhatikan spesifikasi komponen utama seperti: CPU, RAM, Hard drive dan Mainboard, daya komputer.

Rekomendasi Spek Komputer Akutansi Kantoran

1. Prosesor CPU

CPU dianggap sebagai otak komputer, menangani semua tugas yang terjadi di komputer dan mengendalikan semua aktivitas komponen lainnya. Oleh karena itu, CPU dianggap sebagai prioritas utama ketika merakit komputer akutansi kantoran.

Dengan beban kerja yang besar, staf akuntansi, audit atau kantor harus memilih untuk menggunakan konfigurasi komputer dengan prosesor Core I3 atau Core I5. Sehingga Kamu harus mempertimbangkan chip generasi ke-4 atau lebih tinggi.

2. RAM Komputer

RAM komputer  merupakan komponen penting yang memungkinkan komputer untuk mengakses data secara acak dalam memori komputer. Dengan memori ram tinggi komputer Kamu akan menjalankan banyak tugas lebih cepat dan lebih lancar. Sebaliknya jika komputer kekurangan memori RAM, maka akan terjadi situasi: freeze, lag atau bahkan komputer tidak dapat digunakan.

Saat memilih RAM komputer Akutansi, Kamu perlu memperhatikan 2 hal tentang Ram seperti: Generasi RAM yang digunakan, direkomendasikan menggunakan RAM DDR3, Ram DDR4 atau lebih tinggi dan Ram Memory, direkomendasikan kapasitas RAM 4 atau RAM 8.

3. Harddisk

Keunikan industri akuntansi adalah menyimpan banyak data, dan data tersebut membutuhkan keamanan yang tinggi. Oleh karena itu, dengan konfigurasi komputer kantor untuk akuntan , Kamu harus memasang SSD dan HDD secara paralel . 120Gb SSD untuk aplikasi sistem operasi dan satu lagi hardisik 250Gb atau 500Gb drive untuk penyimpanan data.

4. Mainboard

Jika Kamu telah memilih prosesor yang tepat dan sesuai dengan anggaran serta sesuai kebutuhan. Maka selanjutnya Kamu hanya perlu memilih mainboard yang kompatibel dengan seri CHIP yang dipilih. Dengan konfigurasi komputer kantor untuk akuntan, Kamu harus menggunakan Mainboard minimal H81M-D3V atau lebih tinggi. Motherboard ini cocok untuk menangani tugas-tugas kantor dasar hingga lanjutan.

5. VGA

Konfigurasi komputer untuk akuntan tidak perlu dilengkapi dengan kartu grafis diskrit atau VGA. Bahkan jika kamu menggunakan banyak aplikasi dan perangkat lunak dasar, Kamu tidak perlu menggunakan kartu grafis atau VGA tambahan.

Pasalnya, lini CPU core i3, i5 atau i7 telah dilengkapi dengan kartu grafis terintegrasi di dalamnya. Kartu grafis terintegrasi ini masih mendukung fitur-fitur dasar seperti: Grafis gaming ringan dan menjalankan Video Flash dengan resolusi tinggi.