5 Cara Trading Saham Untuk Pemula Agar Cuan Besar

Posted on

Cara trading saham untuk pemula beberapa tahun terakhir ini banyak dicari masyarakat Indonesia. Karena banyak orang sudah mulai melek investasi dan trading di saham yang bisa mendapatkan keuntungan besar.

Tetapi perlu trader pemula ketahui, bahwa trading saham tidak semudah kamu lihat. Karena tidak semua trading saham bisa mendapatkan keuntungan. Apabila Kamu salah dalam melakukan analisa dan membeli sebuah saham. Kamu juga bisa mendapatkan kerugian yang besar dari trading saham.

Karena itu, pada kesempatan kali ini Kami akan membagikan cara trading saham untuk pemula agar bisa mendapatkan keuntungan yang stabil.

Cara Trading Saham Untuk Pemula Agar Cuan Besar

Perlu kamu ketahui bahwa trading saham beda dengan investasi saham. Karena ketika kamu ingin melakukan trading saham, artinya kamu membeli sebuah saham dalam jangka waktu pendek bisa hitungan menit, jam, hari atau minggu. Sedangkan investasi saham jangka waktu bulan sampai tahunan.

Jika kamu tertarik untuk terjun ke trading saham karena ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu cepat. Kamu wajib memperhatikan cara trading saham untuk pemula di bawah ini!

1. Ketahui Ilmu Dasar Tentang Saham

Cara trading saham untuk pemula pertama wajib ketahui adalah mengetahui ilmu dasar tentang saham. Kamu harus mempelajari jenis-jenis,risiko dan keuntungan trading saham terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga harus memahami istilah-istilah dalam trading saham.

Sehingga ketika kamu nantinya membaca tutorial atau artikel trading saham, kamu bisa lebih memahami dan mempraktekannya dengan benar.

2. Memilih Sekuritas Terpercaya

Untuk bisa melakukan trading saham, kamu wajib memilih perusahaan sekuritas atau broker saham. Karena dengan bantuan sekuritas kamu baru bisa melakukan investasi atau trading saham.

Saat memilih perusahaan sekuritas, pastikan kamu memilih yang sudah terdaftar di OJK. Selain itu, kamu juga harus memiliki sekuritas yang memiliki rating baik dari para trader. Sehingga nantinya saat melakukan trading kamu bisa lebih aman dan mudah untuk mendapatkan cuan.

3. Membuka Rekening Saham

Setelah memilih sekuritas, kamu lanjutkan membuka rekening saham. Untuk membuka rekening saham saat ini banyak perusahaan sekuritas telah mempermudah nasabahnya untuk bisa melakukan pendaftaran online. Sehingga kamu tidak perlu datang ke kantor sekuritas untuk bisa memiliki rekening saham/efek atau rekening dana nasabah.

4. Pelajari Aplikasi Trading Saham

Cara trading saham selanjutnya yang wajib kamu ketahui adalah mempelajari aplikasi trading saham. Sebenarnya ini berkaitan dengan pemilihan sekuritas. Sebaiknya sebelum memilih perusahaan sekuritas.

Kamu juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan aplikasi trading saham online yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas yang ingin kamu pilih.

Karena aplikasi trading saham yang bagus adalah aplikasi yang tidak sering lag atau eror saat jam bursa efek berlangsung. Selain itu, aplikasi trading saham yang bagus adalah yang memiliki fitur trading yang lengkap. Minimal aplikasi trading saham memiliki fitur seperti top stock, stock screener, analysis dan lainnya.

5. Pilih Strategi Trading Saham Yang Tepat

Cara trading saham untuk pemula yang perlu diketahui adalah menentukan strategi trading saham yang tepat untuk digunakan. Karena saat ini ada sangat banyak strategi trading yang bisa kamu pelajari.

Pastikan saat memulai awal-awal trading kamu menggunakan modal yang kecil terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa terapkan semua strategi trading yang kamu pelajari. Dan berdasarkan pengalaman kamu secara nyata, kamu nantinya akan menemukan strategi trading paling menguntungkan.

Ilmu dasar trading yang wajib kamu pelajari saat melakukan trading adalah melakukan analisa saham baik secara teknikal maupun fundamental. Dan kamu juga wajib untuk selalu mengikuti berita dan informasi dari perusahaan yang sahamnya kamu beli.

Dan inti dari trading yang menguntungkan adalah membeli saham di harga murah dan menjualnya di harga yang tinggi.