Cara Menggunakan Samsung Pay Untuk Melakukan Pembayaran

Posted on

Baru menggunakan Samsung Pay? Inilah segalanya tentang Samsung Pay termasuk cara menggunakan Samsung Pay dan apa yang diperlukan untuk digunakan sebagai pengganti alat pembayaran konvensional.

Hanya dengan satu sentuhan Samsung Pay, Kamu dapat membayar pengeluaran harian dengan lebih nyaman dari sebelumnya dibandingkan saat Kamu menggunakan kartu kredit atau debit. Artinya Kamu hanya perlu membawa smartphone ke mana-mana tanpa harus membawa banyak kartu di dompet.

Perbedaan Samsung Pay dibandingkan Apple Pay dan Google Pay adalah bekerja lebih luas di banyak negara, bahkan bisa digunakan di perangkat lama.

Di Mana Samsung Pay Tersedia?

Samsung Pay saat ini tersedia di lebih dari 26 negara di Indonesia, walaupun sampai saat ini Samsung Pay belum bekerjsama dengan Bank dalam negeri. Tapi kita masih bisa menggunakan Samsung Pay menggunakan dompet digital yang bekerjasama dengan Samsung.

Di mana Saya Dapat Menggunakan Samsung Pay?

Samsung Pay dapat bekerja di sebagian besar sistem untuk pembayaran kartu, dengan mesin POS yang mendukung mesin NFC, strip magnetik, dan EMV POS (Europay, MasterCard, dan Visa) untuk kartu berbasis chip. Tentu saja, Kamu masih perlu menandatangani tanda terima untuk transaksi tersebut.

Baca Juga:  3 Cara Bagi Pulsa Indosat ke Operator Lainnya

Untuk saat ini Samsung Pay bisa digunakan di beberapa mitra yang bekerjasama termasuk beberapa dompet digital yang ada di Indonesia.

Cara Menggunakan Samsung Pay

Untuk cara menggunakan Samsung Pay, disini kami akan memberikan beberapa tutorial dari cara mengatur, cara kerja dan cara membayar menggunakan samsung pay.

Bagaimana Cara Mengatur Samsung Pay?

Setelah Kamu menginstal aplikasi Samsung Pay di smartphone, Kamu harus masuk ke akun Samsung atau mendaftar untuk membuat akun Samsung baru.

Samsung Pay kemudian akan meminta Kamu untuk mendaftarkan PIN, sidik jari, atau pemindaian iris mata untuk keamanan. Kamu dapat menambahkan kartu ATM, kartu kredit dengan mudah dengan memindai dengan kamera. Selain itu, Kamu juga akan memiliki opsi untuk menambahkan akun PayPal.

Baca Juga:  Cara Kredit HP Murah Menggunakan Shopee

Pastikan nomor, nama, dan tanggal kedaluwarsa dari kartu yang dipindai sudah benar. Samsung Pay akan memverifikasi kartu kredit atau debit Kamu dengan bank yang kamu gunakan, dan Kamu akan memiliki opsi untuk menerima SMS, email, atau panggilan telepon untuk mengonfirmasi. Kamu dapat menambahkan hingga 10 kartu ke Samsung Pay.

Bagaimana Cara Kerja Samsung Pay?

Samsung Pay menggunakan dua teknologi yang memungkinkannya bisa digunakan di mana saja. Yang pertama adalah Near Field Communication (NFC) untuk transaksi touch-to-pay (Tap-to-Pay) di POS pembayaran nirsentuh.

Yang kedua adalah Magnetic Secure Data Transfer (MST) untuk mesin POS lama di mana Kamu biasanya menggesek kartu. Telepon memancarkan sinyal magnetik untuk mensimulasikan garis magnet yang ditemukan di bagian belakang kartu kredit atau debit saat Kamu memegang telepon dengan salah satu alat pembaca ini.

Baca Juga:  Cara Sembunyikan Aplikasi pada HP OPPO dengan Mudah

Samsung mengakuisisi perusahaan pembayaran seluler bernama LoopPay pada tahun 2015. LoopPay adalah perusahaan yang mengembangkan teknologi MST yang digunakan oleh Samsung Pay saat ini.

Bagaimana Cara Membayar Dengan Samsung Pay?

Untuk cara menggunakan Samsung Pay untuk pembayaran pertama dari layar kunci, geser ke atas dari bilah Samsung Pay kecil di bagian bawah layar. Pilih kartu yang ingin Kamu gunakan, lalu letakkan jari mu di pemindai sidik jari, gunakan pemindaian iris, atau masukkan PIN untuk memverifikasi. Dan hal terakhir yang harus dilakukan adalah menyentuh bagian belakang ponsel ke mesin POS untuk mengkonfirmasi transaksi.

Jika Kamu menggunakan kartu debit melalui Samsung Pay, Kamu mungkin masih perlu memasukkan PIN saat melakukan pembayaran di POS. Setelah pembayaran berhasil, Kamu akan menerima notifikasi nama merchant dan jumlah pembayaran. Informasi ini juga tercantum di aplikasi Samsung Pay.