Keuntungan Investasi di Pasar Modal

Bagi investor pemula tentunya banyak yang masih takut apabila akan ber investasi di pasar modal. Banyak yang mengatakan bahwa investasi ini memiliki risiko yang besar.

Padahal perlu kita tahu bahwa investasi manapun tentunya juga akan berisiko. Dan biasanya pada setiap risiko ini akan diikuti dengan keuntungan yang sepadan. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan investasi di pasar modal.

1. Capital Gain dan Kekuatan Bunga -Berbunga

Capital gain merupakan keuntungan yang Anda dapatkan saat membeli saham dengan harga rendah kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Dan bahasa investasi menyebutnya dengan Buy Low Sell High, ataupun Buy High Sell Higher. Keuntungan inilah yang akan kita dapatkan di pasar modal.

Dan jika Anda sudah mendapatkan capital gain tersebut maka Anda bisa menginvestasikannya kembali keuntungannya. Dan inilah yang dinamakan dengan bunga berbunga.

2. Pendapatan Pasif

Keuntungan investasi di pasar modal kedua adalah bisa memiliki pendapatan pasif. Saat kita melakukan investasi di pasar modal maka kita juga mendapatkan dividen. Dividen in merupakan pendapatan bersih perusahaan setelah dikurangi dengan pajak serta laba ditahan.

Lalu pendapatan bersih yang diterima perusahaan akan dibagikan pada seluruh pemilik saham tersebut .

Adapun untuk waktunya yaitu setiap akhir tahun yang disesuaikan dengan persentase yang sudah ditentukan.

Dividen ini termasuk dalam pendapatan pasif, sehingga kita tak perlu bekerja dalam mendapatkan pendapatan tersebut. Namun aset yang Anda miliki lah yang bekerja untuk menghasilkan pendapatan pasif.

Baca Juga:  Panduan Belajar Saham Untuk Pemula

Dan saham merupakan aset yang bisa menghasilkan pendapatan pasif. Perusahaan juga membagikan dividennya kepada pemilik saham.

Dividen sendiri terdiri dari 2 macam yaitu dividen saham serta dividen tunai. Apabila perusahaan tersebut menjanjikan dividen tunai maka pada setiap tahun Anda juga akan dapatkan uang tunai sesuai dengan persentase pada perjanjian.

Dan apabila diberikan dividen saham maka kita juga akan memperoleh dividen dalam bentuk lembar saham dan dengan proporsi tertentu.

3. Fleksibilitas

Investasi juga memiliki kelebihan lainnya yaitu fleksibilitas. Disini Anda bisa kluar masuk pasar saham kapanpun Anda mau lalu pindah ke saham lain yang lebih menarik perhatian.

Jadi jika pasar tidak menarik lagi maka Anda juga bisa langsung keluar dari pasar saham tersebut. Disini juga tidak ada keterikatan apapun , hal inilah yang membuat investasi menjadi fleksibel.

4. Likuiditas

Saat kita melakukan investasi dipasar modal, tentunya investasi ini relatif likuid. Artinya yaitu investasi yang mudah diuangkan atau dicairkan.

Misalnya saat Anda memasang saham pada bursa efek dan apabila ingin keluar maka tinggal pasang order jual ataupun order beli. Sehingga transaksi bisa langsung kapanpun terjadi.

Kemudian peluang dari investor lain untuk membeli saham juga sangat tinggi. Dan ini berbeda sekali jika kita berinvestasi di properti.

Orang yang akan membeli properti tidak mudah untuk ditemukan. Sehingga jika investasi properti maka kita juga perlu waktu untuk menjualnya. Dan proses ini juga akan memakan waktu lama, bisa 1 minggu, 1 bulan, setahun bahkan bisa lebih

Baca Juga:  Cara Belajar Saham Yang Tepat Untuk Pemula Dari Nol

5. Leverage

Keuntungan investasi di pasar modal adanya Leverage. Leverage merupakan daya ungkit. Dalam melakukan transaksi saham ini, kita bisa menggunakan modal yang kecil agar bisa melakukan transaksi dalam jumlah besar.

Dan fasilitas tersebut yang sering dinamakan dengan margin dalam transaksi saham. Disini broker yang akan meminjamkan untuk investor. Fasilitas ini sebagai pengungkit modal yang Anda butuhkan.

Sebagian besar broker juga menyediakan fasilitas tersebut.

Contohnya yaitu :

Budi adalah seorang pegawai di BUMN, ia termasuk investor pemula dengan modal Rp 5 juta. Namun ia ingin sekali bertransaksi saham sebesar Rp 20 juta. Apabila broker memberikan fasilitas margin Rp 15 juta maka Budi bisa melakukan transaksi Rp 20 juta. Dan Budi pun berutang ke broker sebesar Rp 15 juta.

Namun kita juga harus tau bahwa margin diatas artinya utang dan tentunya juga harus membayar bunga. Untuk bunganya ini biasanya akan dihitung per hari.

6. Dapat Dikontrol

Sebagian besar beranggapan jika investasi di pasar modal ini sama dengan investasi saham seperti berjudi.

Memang anggapan seperti itu kemungkinan besar apabila investor melakukan transaksi berdasarkan ‘tebak-tebakan “ saja. Akan berbeda jika Anda sebagai investor uang melakukan analisa risiko serta kondisi pasar dengan benar dan cermat.

Baca Juga:  Tips Investasi Saham Yang Menguntungkan Untuk Pemula

Sebenarnya dalam investasi saham ini juga bisa dikontrol apabila Anda melakukannya berdasarkan analisa. Jadi bukan hanya main tebak-tebakan saja ketika melakukan transaksi saham.

Anda juga masih bisa mengontrol resiko yang akan ditanggung karena pilihan atau prioritas sendiri. Dan apabila investasi mempunyai nilai resiko yang besar maka pilih saja investasi dengan resiko yang rendah.

Ada beberapa teknik yang bisa dipakai untuk menganalisa saham ini yaitu dengan risk management, money management, melakukan analisa teknikal dan analisa fundamental.

7. Kupon Obligasi

Pasar modal ini termasuk juga dengan pasar obligasi ataupun surat hutang, keuntungan berikutnya yaitu kupon obligasi.

Dari obligasi yang kita miliki maka kita juga akan mendapatkan bunga yang akan dibayarkan sesuai dengan kesepakatan.

Dan terkadang tingkat bunga obligasi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga deposito. Sehingga kita juga akan terhindar dari dampak inflasi.

8. Diawasi Oleh Negara

Apabila kita melakukan investasi dipasar modal maka bisa mengurangi resiko sebagai investor. Contohnya di pasar saham, emiten yang terdaftar pada pasar modal ini yaitu dari perusahaan serta penawar yang sudah terpercaya.

Selain itu untuk mengawasi perusahaan-perusahaan tersebut maka ada lembaga negara yaitu OJK serta Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sehingga kemungkinan terjadi penggelapan dana investor bisa diminimalisir dan resiko pun juga bisa dikurangi.