Fungsi Penting Hosting yang Sangat Bermanfat untuk Website

Banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya fungsi penting hosting untuk website sehingga sangat direkomendasikan. Agar kamu semakin yakin untuk menggunakan hosting sebaiknya ketahui apa saja fungsinya terlebih dahulu.

Pada dasarnya hosting adalah layanan yang disediakan untuk menyimpan data-data dan aset penting sebuah website. Tidak hanya memberikan jaminan keamanan pada data tersebut namun juga mampu meningkatkan traffic.

Website kamu akan menjadi lebih mudah ditemukan meskipun masih baru dan hal ini memberikan keuntungan tersendiri. Tidak heran jika banyak pemilik website baik pribadi maupun perusahaan berusaha mencari hosting terbaik.

5 Fungsi Penting Hosting yang Utama untuk Dipahami

Berbicara tentang fungsi hosting sebenarnya ada banyak kegunaannya sehingga sayang jika tidak dimanfaatkan. Dari banyaknya fungsi tersebut berikut beberapa fungsi diantaranya yang menjadi alasan hosting banyak digunakan.

  1. Sarana Agar Mudah Dilihat dan Ditemukan Pengunjung

Sebagai informasi dasar sebuah situs atau web bisa diakses oleh pengunjung karena dipengaruhi 2 faktor. Pertama karena sudah memiliki domain dan didukung dengan adanya hosting baik berbayar maupun gratisan.

Domain berbeda dengan hosting dimana domain adalah nama yang bisa juga disebut sebagai alamat web tersebut. Kamu bisa membuat domain dengan custom karena banyak pilihan TLD (Top Level Domain).

Contohnya paling mudah dipahami dengan menggunakan .com, .co, .id dan banyak lainnya. Kamu pasti tidak asing dengan alamat domain karena sudah banyak digunakan seperti murahmeriah.com atau murahmeriah.id dan lainnya.

Sekilas pemahaman tentang domain ini mempermudah kamu memahami tentang fungsi hosting. Kamu bisa saja mengetik alamat domain secara manual namun baru bisa mendapatkan akses jika websitenya sudah memiliki hosting.

Baca Juga:  Memilih Hosting Website Perlu Memperhatikan Hal Berikut

Fungsi penting hosting inilah yang membuat berbagai data di web baik berupa teks, video, gambar, audio dan lainnya. Bisa diakses oleh pengunjung dan ditampilkan untuk menarik banyak pengunjung.

  1. Sebagai Ruang Menyimpan Data

Fungsi penting hosting yang kedua yaitu digunakan sebagai ruang untuk menyimpan data dan aset penting web. Sehingga terhindar dari hacker yang dapat merugikan karena pengelolaan web sudah kamu maksimalkan.

Maksudnya sebagai ruang penyimpanan data yaitu setiap data-data yang ingin ditampilkan ke pengunjung. Maka pertama harus diunggal dulu kemudian disimpan ke dalam hosting yang kamu gunakan baru bisa ditampilkan.

Perlu dipahami sama seperti ruang penyimpanan lainnya pasti ada kapasitas seberapa banyak ruang tersedia. Meskipun layanan ini disediakan dalam bentuk digital namun hal ini tetap harus diperhatikan agar bisa maksimal.

Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan ruang penyimpanan dengan kapasitas yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting. Maka penting mengetahui apa saja jenis-jenis hosting termasuk kelebihan dan kekurangannya terutama dalam penyediaan kapasitas penyimpanan.

Banyak pilihan paket hosting yang ditawarkan oleh penyedia layanan dan kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Biasanya paket hosting gratisan memiliki kapasitas sangat terbatas jika dibandingkan dengan yang berbayar.

  1. Memudahkan Region Website

Perlu diketahui fungsi penting hosting lainnya adalah memudahkan dalam pengaturan region website. Region secara sederhana dapat diartikan sebagai wilayah yang ingin kamu atur untuk darimana saja pengunjung websitenya.

Baca Juga:  Simak Kelebihan Hosting Berbayar dan Juga Kekurangannya

Misalnya kamu bisa menentukan kalau pengunjung hanya untuk region Indonesia maupun khusus region negara lain. Penentuan ini akan sangat mudah dan praktis jika kamu memanfaatkan hosting.

Semua pemilik website diberikan kebebasan untuk menentukan region sesuai dengan target pengunjung websitenya. Ada yang sengaja hanya untuk region Indonesia saja karena isinya semua berbahasa Indonesia atau boleh seluruh negara.

Penentuan region membuat pengunjung menjadi lebih spesifik sehingga mampu menaikkan traffic web kamu. Sebaiknya pertimbangkan dari awal siapa target pengunjung web kamu karena memiliki pengaruh penting pada traffic

Sangat disarankan untuk tidak mengatur region terlalu meluas seperti menyesuaikan tempat bisnis atau target pengunjung. Dengan begitu persaingan dengan web-web lainnya tidak terlalu besar dan website kamu mudah ditemukan.

  1. Menjadikan Website Lebih Responsif

Jika kamu pernah membuka sebuah web dan responnya sangat lemot sehingga membuat emosi tersendiri. Perlu diketahui sebuah web menjadi responsif atau tidak hal tersebut dipengaruhi oleh hosting.

Hosting dapat dikatakan sebagai penentu apakah sebuah web bisa merespon dengan cepat ataukah tidak. Fungsi penting hosting inilah yang sebaiknya kamu perhatikan dalam mengelola web agar tidak mengecewakan pengunjung.

Jika terlalu banyak traffic tetapi tidak didukung oleh kapasitas hosting maka akan menjadikan web menjadi lemot. Jadi bukan sekedar kamu sudah menggunakan hosting atau tidak namun juga perhatikan kapasitasnya.

Baca Juga:  Pahami Definisi Apa itu Hosting, Cara Kerja dan Jenisnya

Hosting berbayar memiliki banyak kelebihan terutama membuat web menjadi lebih responsif karena kapasitasnya lebih besar. Sementara yang gratisan lebih terbatas kapasitasnya dan menjadi penyebab utama web menjadi lemot.

Pelajari lebih banyak tentang hosting karena pengaruhnya sangat penting terkait responsif atau tidak websitenya. Jangan sampai kamu memiliki web yang tidak responsif karena hanya akan membuat pengunjung tidak tertarik mengaksesnya.

  1. Optimasi Website Menjadi User Friendly

Perlu dipahami kalau masing-masing web memiliki tingkat respon berbeda karena dipengaruhi oleh hosting. Kamu pasti akan menemukan ada website-website yang sangat responsif dan ada juga yang tidak responsif sama sekali.

Sangat direkomendasikan untuk mengoptimalkan respon yang diberikan agar para pengunjung semakin banyak. Karena semakin responsif sebuah web maka akan lebih baik dan semakin tinggi trafficnya.

Website yang tidak responsif sangat susah diakses karena harus sering maintenance dan akhirnya tidak mobile friendly. Hal inilah yang membuat website kamu tidak user friendly sehingga memberikan dampak negatif.

Akibatnya pengunjung akan menjadi malas membukanya dan hal ini membuat traffic menjadi perlahan turun. Jika terus menerus seperti ini membuat penilaian negatif apabila web tersebut digunakan untuk bisnis.

Hosting memiliki fungsi penting dan tidak boleh diabaikan dalam mengelola website untuk berbagai tujuan. Mengingat fungsi penting hosting sangat banyak sebaiknya pertimbangkan memilih hosting berkualitas agar lebih maksimal.