Cara Belajar Saham Yang Tepat Untuk Pemula Dari Nol

Apakah kamu sekarang sedang tertarik untuk belajar saham mulai dari nol? Jika ini adalah yang sedang kamu cari, maka kamu tidak boleh melewatkan informasi tentang belajar saham untuk pemula di bawah ini.

Apa Itu Saham?

Saham adalah sertifikat uang yang diberikan oleh investor kepada perusahaan atau perseroan terbatas. Pemilik saham akan menjadi seorang pemegang saham dan sekaligus menjadi pemilik perusahaan tersebut. Dengan investasi saham kita dapat menghasilkan keuntungan dari membeli atau menjual saham di pasar saham.

Panduan Belajar Saham Dari Nol Untuk Pemula

Jika kamu sudah memahami apa itu pengertian dari saham, kita lanjut ke panduan belajar saham dari nol untuk pemula, untuk stepnya silahkan ikuti instruksi berikut ini :

  1. Membuka Rekening di Sekuritas

Langkah pertama yang harus kamu tempuh untuk bisa berinvestasi saham di pasar modal di bursa efek indonesia adalah dengan membuka rekening saham di perusahaan sekuritas. Kamu bisa memilih beberapa perusahaan sekuritas terpercaya yang sudah terdaftar di OJK dan dimiliki oleh perusahaan milik negara seperti Mandiri Sekuritas ataupun BNI Sekuritas, untuk pilihan perusahaan perbankan yang menyediakan layanan rekening sekuritas yang bisa dipilih ada BCA Sekuritas, MNC Sekuritas, Permata Sekuritas atau lainnya.

Baca Juga:  Cara Membeli Saham Untuk Pemula dan Simulasi Jual Beli Saham

Ketika kamu ingin mendaftarkan rekening saham, siapkan beberapa berkas seperti KTP, NPWP, Buku tabungan dan data pribadi lainnya sesuai ketentuan dari perusahaan sekuritas yang akan kamu ikuti.

  1. Menyetorkan Dana Pertama

Kemudian setelah kamu memiliki rekening saham atau rekening dana nasabah atau RDN, kamu bisa menyetorkan sejumlah uang ke rekening tersebut, tergantung dari persyaratan minimal setoran awal dari perusahan sekuritas yang kamu ikuti. Setiap perusahaan sekuritas memiliki persyaratan minimal setoran awal sendiri-sendiri mulai dari 100 ribu bahkan ada yang minimal puluhan juta.

  1. Memilih Menjadi Trader atau Investor

Ketika kamu sudah memiliki rekening saham dan sudah memiliki dana untuk melakukan transaksi jual beli saham di bursa efek indonesia. Selanjutnya kamu harus menentukan apakah kamu di dunia saham ingin menjadi seorang investor ataukah hanya ingin menjadi seorang trader.

Baca Juga:  Keuntungan Investasi di Pasar Modal

Jika kamu memilih menjadi trading saham, maka kamu hanya akan berinvestasi dengan waktu yang relatif singkat, kamu bisa membeli saham yang harganya sedang turun dan menjualnya lagi dengan cepat ketika saham tersebut harganya naik. Ketika kamu memilih trading saham, biasanya cukup membutuhkan waktu beberapa menit, jam, sesi, harian atau mingguan saja. Trading saham akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dengan harga jual tersebut dengan jangka waktu yang singkat.

Jika kamu memilih investasi saham akan membutuhkan jangka waktu yang lama dan biasanya seorang investor saham juga ingin mendapatkan keuntungan dari pembagian deviden atau pembagian keuntungan perusahaan setelah diadakan RUPS. Umumnya seorang investor akan menanamkan modal sahamnya di perusahaan yang sudah besar dan stabil dalam segi keuntungan per tahunnya.

  1. Belajar Analisa dan Teknikal Saham
Baca Juga:  Cara Jual Beli Saham Online Untuk Pemula

Ketika kamu baru belajar saham kamu juga harus belajar tentang analisa dan teknikal saham. Untuk belajar analisa kamu harus mempelajari tentang profil perusahaan, kondisi keuangan perusahaan, keuntungan perusahaan, hutang perusahaan, isu baik dan buruk perusahaan, dan hal lain tentang perusahaan yang ingin kamu tanamkan modalnya.

Untuk belajar teknikal saham, kamu harus mempelajari tentang grafik dan statistik pergerakan saham perusahaan tersebut. Karena ada banyak ilmu tentang teknikal trading dan investing yang harus kamu pelajari sebelum kamu benar-benar membeli saham dari perusahaan tersebut. Beberapa teknikal yang umum dan harus dipelajari seperti menentukan trend pergerakan saham, menentukan support dan resisten, menentukan harga beli dan harga jual, dan masih banyak materi teknikal lainnya.

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang cara belajar saham yang tepat untuk pemula dari nol. Untuk proses belajar terbaik tetaplah harus dengan cara memulainya dengan mempraktekannya langsung.