Tips Memilih Asuransi Mobil Yang Tepat

Ketika kita memiliki kendaraan terutama mobil, pastinya kita tahu bahwa mobil sangat rentan terhadap suatu kecelakaan atau pencurian. Ketika hal ini terjadi, pastinya kita akan mendapatkan kerugian yang sangat besar. Karena itu, pemilik mobil harus memperhatikan untuk memiliki asuransi mobil. Hal ini dikarenakan akan meringankan beban kamu ketika mobil mengalami kecelakaan atau pencurian.

Tapi dalam memilih asuransi mobil yang sangat banyak saat ini, kita harus bisa memilih perusahaan asuransi manakah yang tepat untuk kita pilih. Maka dari itu ketika kamu ingin membeli asuransi mobil harus memperhatikan beberapa poin berikut ini :

  1. Pilih Jenis Asuransi Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Ketika kamu ingin membeli asuransi, kamu harus benar-benar memperhatikan jenis asuransi mobil manakan yang sesuai dengan yang kamu butuhkan saat ini. Karena ada beberapa jenis asuransi yang dapat kamu pilih seperti Asuransi Semua Resiko/Asuransi All Risk dan Asuransi Total Loss Only ( TLO ).

Ketika kamu ingin menjamin segala kerusakan mobil kepada asuransi maka kamu bisa memilih asuransi All Risk, sedangkan jika kamu hanya membutuhkan asuransi untuk perlindungan saat mobil rusak berat maka kamu bisa memilih untuk membeli asuransi TLO.

Untuk lebih jelasnya tentang kedua jenis asuransi ini, simak penjelasan berikut tentang Asuransi All Risk dan Asuransi Total Loss Only :

Asuransi All Risk

Jenis asuransi mobil yang pertama adalah asuransi all risk, dimana ini adalah asuransi yang akan memberikan ganti rugi atas semua kerusakan yang terjadi pada mobil dan akan memberikan ganti mobil ketika mobil dirampok atau dicuri. Untuk klaim dari jenis asuransi ini bisa dari kerusakan ringan sampai kerusakan berat. Tetapi untuk jenis asuransi ini akan memiliki biaya premi yang cukup besar.

Baca Juga:  Panduan Dan Contoh Makalah Asuransi

Asuransi Total Loss Only ( TLO)

Untuk jenis asuransi TLO umumnya hanya akan memberikan perlindungan atas kerusakan suatu kendaraan dengan tingkat kerusakan di atas 75 persen, serta proteksi mobil dicuri atau hilang. Jadi jika kerusakan mobil yang kamu miliki belum diatas 75 persen maka kamu tidak akan bisa mengklaim kepada pihak asuransi. Untuk premi dari asuransi TLO memiliki biaya premi yang lebih terjangkau.

  1. Bandingkan Tentang Manfaat Yang Didapatkan Dengan Premi Yang Harus Dibayarkan

Ketika kamu melihat premi yang harus dibayarkan setiap bulannya, kamu juga harus mempertimbangkan dengan manfaat apa saja yang akan kamu dapatkan. Jika premi yang dibayarkan tidak sebanding dengan manfaat yang didapatkan sebaiknya kamu tidak mengambil asuransi tersebut.

  1. Ketahui Biaya Apa Saja Yang Tidak Ditanggung Pihak Asuransi

Saat membeli asuransi mobil, tentunya kamu juga harus membaca tentang biaya apa saja yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi. Jadi jika ternyata ada beberapa masalah yang paling sering dialami mobil, tetapi ternyata perusahaan asuransi tersebut tidak menanggung biayanya. Maka sebaiknya kamu tidak membeli asuransi tersebut. Jadi sebaiknya kamu benar-benar membaca dengan teliti tentang biaya kerusakan mobil apa saja yang bisa diklaim ke pihak asuransi.

  1. Pilih Asuransi Dari Perusahaan Terpercaya
Baca Juga:  Kenali Produk dan Layanan Asuransi Cigna Indonesia

Saat kamu ingin membeli asuransi mobil, tips lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah memilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Jadi kamu tidak akan takut premi yang kamu bayarkan setiap bulannya hilang karena perusahaan asuransi mobil tersebut bangkrut. Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi mobil yang sudah diawasi oleh OJK. Jadi kamu bisa lebih percaya terhadap pihak asuransi tersebut, kamu bisa memilih beberapa perusahaan asuransi terbaik dengan membaca artikel daftar rekomendasi perusahaan asuransi mobil terbaik.

  1. Cek Kondisi Mobil Sebelum Mendaftarkan Ke Asuransi Mobil

Pastikan mobil yang kamu miliki saat ini dalam kondisi yang normal, karena nantinya sebelum mobil terdaftar resmi ke pihak asuransi. Perusahaan asuransi akan mengecek kondisi mobil yang akan diasuransikan dan pihak asuransi juga berhak untuk menolak jika mobil tersebut memiliki kerusakan yang diluar dari perjanjian polis yang telah ditentukan.

  1. Biaya Premi Tergantung Dari Jenis, Merk dan Tahun Mobil

Umumnya perusahaan asuransi mobil akan mengenakan biaya premi tergantung dari harga mobil di pasaran yang didasarkan juga dengan jenis mobil dan merek mobil, tahun keluaran mobil, dan juga dari plat mobil yang akan diasuransikan. Jika mobil yang kamu miliki adalah mobil yang murah, maka biaya premi yang akan dikenakan juga tidak besar.

  1. Lakukan Perbandingan
Baca Juga:  Pengertian Premi Asuransi dan Jenis Premi Asuransi

Saat ini bisa dikatakan ada banyak sekali perusahaan asuransi kendaraan yang bisa kita pilih. Dan disinilah kita bisa melakukan perbandingan sebelum membeli asuransi mobil. Usahakan kamu mengecek dan membandingkan 3 sampai 5 perusahaan asuransi mobil. Kamu bandingkan antara premi dan manfaat yang diberikan oleh pihak asuransi.

Selain itu kamu juga bisa bertanya kepada grup, forum atau komunitas otomotif tentang pengalaman mereka yang telah menggunakan asuransi yang ingin kamu beli. Jadi kamu akan lebih mengenali kelebihan dan kekurangan dari pihak asuransi tersebut.

  1. Bengkel Yang Bekerjasama

Ketika kamu membeli asuransi mobil, tentunya pihak perusahaan asuransi akan memberikan informasi bengkel yang bekerjasama mana saja di kota tempat tinggalmu. Dengan mengetahui informasi bengkel ini kamu juga bisa mempertimbangkan dengan lebih baik, pertama apakah bengkel tersebut dekat dengan tempat tinggalmu, apakah bengkel tersebut memiliki kinerja dan reputasi baik, apakah bengkel tersebut suku cadang dijual asli atau abal-abal. Informasi tentang bengkel yang bekerjasama dengan pihak asuransi juga bisa jadi bahan pertimbangan saat membeli asuransi mobil.

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang tips memilih asuransi mobil yang tepat, semoga dengan mengetahui ini kamu tidak akan terjebak di pihak asuransi yang tidak bertanggung jawab.