Cara Trading Saham Untuk Pemula Yang Wajib Diketahui

Trading Saham merupakan suatu kegiatan jual beli saham yang tujuannya adalah mendapatkan keuntungan dari selisih antara harga beli saham dengan harga jual saham. Keuntungan dalam proses trading saham ini kita kenal dengan nama capital gain.

Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham

Tapi kamu kamu juga harus mengetahui bahwa trading saham berbeda dengan investasi saham. Apa perbedaannya? Berikut ini adalah penjelasan ringkas tentang perbedaan antara trading saham dan investasi saham :

  1.       Trading saham biasanya waktunya sangat cepat dalam hitungan menit, jam, atau hari saja, sedangkan untuk seorang investor biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama bisa bulanan bahkan sampai tahunan.
  2.       Trading saham melihat peluang dari berita tentang perusahaan, potensi saham yang naik dalam waktu cepat dan tidak perlu memperhatikan fundamental perusahaan.
  3.       Investasi saham biasanya akan mencari keuntungan lebih dari pembagian deviden atau keuntungan perusahaan, sedangkan trading saham tidak mempedulikan dividen.
Baca Juga:  Cara Belajar Saham Yang Tepat Untuk Pemula Dari Nol

Itulah beberapa perbedaan antara trading saham dan investasi saham, apakah kamu sudah memahaminya?

Panduan Dasar Belajar Trading Saham Untuk Pemula

Untuk kamu yang baru berniat untuk terjun di dunia trading saham, ada beberapa langkah awal yang harus kamu tempuh, seperti :

  1. Buka Rekening Sekuritas

Tahap pertama yang harus kamu tempuh untuk bisa menjadi seorang trader di bursa saham adalah mendaftarkan diri ke beberapa perusahaan sekuritas. Kamu hanya perlu mempersiapkan data diri lengkap seperti KTP, Buku Tabungan, NPWP dan materai.

  1. Setor Dana Ke RDN

Setelah kamu sudah selesai untuk membuka rekening di sekuritas atau sudah mendapatkan RDN dari sekuritas, maka tahap selanjutnya adalah menyetorkan dana awal ke rekening dana nasabah atau RDN sesuai dengan yang telah kamu dapatkan dari perusahaan sekuritas. Untuk nominal dari setoran awal tergantung dari perusahan sekuritas yang kamu ikuti.

  1. Mulai Trading
Baca Juga:  Panduan Belajar Saham Untuk Pemula

Jika kamu sudah mendapatkan mendaftarkan diri di sekuritas, sudah memiliki RDN dan sudah menyetorkan dana untuk bisa melakukan jual beli di bursa efek Indonesia. Langkah selanjutnya adalah kamu mendownload software atau aplikasi dari sekuritas yang kamu ikuti untuk bisa melakukan transaksi jual beli saham di bursa efek indonesia.

Perusahaan Sekuritas Trading Saham Terpercaya

Berikut ini ada beberapa rekomendasi perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan untuk melakukan transaksi jual beli online yang terpercaya :

  • Mandiri Sekuritas : Aplikasi MOST
  • Panin Sekuritas : Aplikasi POST
  • BCA Sekuritas : Aplikasi BEST
  • BNI Sekuritas : Aplikasi eSmart
  • Trimegah Sekuritas : Aplikasi Prima

Aplikasi Sekuritas Terbaik Untuk Trading Saham

Selain kami merekomendasikan beberapa aplikasi dari perusahaan sekuritas milik perbankan di atas, kamu juga bisa memilih salah satu perusahan sekuritas yang mempermudah para investornya untuk bisa melakukan transaksi jual beli saham online dengan mudah di aplikasi android atau iphone seperti :

  • Aplikasi IPOT (Indo Premier Online Technology)
  • Aplikasi Stockbit
  • Aplikasi Mirae HOST
  • Aplikasi Ajaib
  • Aplikasi Philips POEMS ID
  • Aplikasi MNC Sekuritas
Baca Juga:  Cara Jual Beli Saham Online Untuk Pemula

Materi Untuk Trading Saham Untuk Pemula

Ada beberapa materi pembelajaran yang harus diketahui oleh seorang trader saham jika benar-benar ingin mendapatkan keuntungan yang banyak. Kamu harus mempelajari beberapa teknikal dalam bermain trading saham seperti :

  1. Cara Menentukan Support dan Resisten
  2. Cara Membaca Candlestick
  3. Cara Menentukan Trend Saham
  4. Cara Mengetahui Saham Bearish dan Bullish
  5. Cara Menentukan Cut Loss dan Taking Profit

Itulah beberapa materi dasar yang harus seorang yang ingin belajar trading saham ketahui, sehingga bisa menjadi seorang trader saham yang selalu cuan.