Bermain Saham di Pasar Saham Indonesia Untuk Pemula

Saat ini sedang banyak investor baru yang berencana terjun ke dunia saham, karena sekarang telah hadir berbagai aplikasi yang dapat mempermudah kita untuk bermain saham tanpa perlu menggunakan komputer PC atau laptop. Jadi, jika sekarang kamu telah memiliki modal untuk berinvestasi saham, lalu bagaimana cara bermain saham di bursa saham Indonesia untuk pemula yang terbaik?

Langkah 1: Pelajari Mekanisme Perdagangan di Pasar Saham

Untuk berpartisipasi dalam bidang investasi apa pun, kamu harus memiliki pengetahuan dasar tentang bidang itu. Untuk cara bermain saham, pertama-tama kamu perlu mempelajari tentang pengetahuan umum pasar saham, peraturan saham dan cara jual beli di aplikasi sekuritas.

Untuk membeli dan menjual saham, kamu harus terlebih dahulu mengetahui cara melihat daftar harga atau indeks harga saham. Setiap perusahaan di bursa saham akan memiliki statistik atau chart pergerakan harga sahamnya sendiri-sendiri.

Karena daftar harga pada grafik pergerakan setiap saham akan memiliki tampilan yang berbeda-beda pergerakan naik turunnya. Kamu juga harus memilih menggunakan grafik line chart atau candlestick yang menurutmu paling mudah dilihat dan dipahami untuk memudahkan transaksi.

Baca Juga:  Cobalah 10 Aplikasi Penghasil Uang Langsung Masuk Rekening yang Menguntungkan

Selain grafik dari saham yang ingin kamu beli, kamu juga harus melihat pergerakan dari IHSG atau indeks harga saham gabungan. Karena indeks harga ini bisa mempengaruhi pergerakan seluruh saham di bursa efek Indonesia.

Langkah 2: Buat Rencana Investasi Untuk Diri Sendiri

Luangkan waktu untuk meneliti metode dan membangun sendiri strategi investasi yang sesuai. Sebenarnya, ada banyak metode dan sekolah investasi yang berbeda seperti analisis fundamental, analisis teknis, metode investasi nilai atau investasi pertumbuhan, dll. Itu semua Kamu sendiri yang membuat rencana perdagangannya.

Semakin spesifik transaksi, semakin banyak risiko yang akan diminimalkan saat berpartisipasi dalam transaksi jual beli saham. Bagi investor baru, selain metode investasi, rencana penggunaan modal, take profit, cut loss juga sangat diperlukan.

Baca Juga:  Cara Belajar Saham Yang Tepat Untuk Pemula Dari Nol

Jika kamu tidak terbiasa dengan hal-hal ini, kamu dapat mempelajari lebih lanjut di berbagai komunitas saham, grup sosial media yang membahas tentang saham ataupun di website resmi bursa saham Indonesia di idx.co.id.

Langkah 3: Buka Akun Rekening Saham

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuka rekening saham di perusahaan sekuritas. Kamu perlu menentukan apakah perusahaan sekuritas tersebut sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan saat ini.

Sekarang sudah banyak perusahaan sekuritas yang bisa kamu daftarkan dengan mudah baik mendaftarkan diri secara online ataupun offline. Ada beberapa rekomendasi perusahaan sekuritas yang terpercaya dan berhubungan dengan bank-bank konvensional besar di Indonesia yang bisa kamu ikuti seperti Mandiri Sekuritas, BNI sekuritas, BCA Sekuritas, Panin Sekuritas, Permata Sekuritas, CIMB Sekuritas, MNC Sekuritas dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Cara Trading Saham Online Menggunakan HP

Jika kamu ingin mendaftarkan perusahaan sekuritas dari rumah saja, kamu bisa memilih beberapa sekuritas selain disebutkan di atas seperti IPOT, AJAIB, Mirae HOST, STockbiT dan lainnya.

Langkah 4: Berlatih dan Jangan Pernah Berhenti Belajar

Pasar saham menawarkan banyak peluang tetapi juga potensi risiko bagi investor, terutama bagi mereka yang kurang pengetahuan. Kamu harus menambah pengetahuan kamu secara teratur secara paralel dengan praktek langsung jual beli saham untuk mendapatkan pengalaman untuk diri kamu sendiri.

Mengumpulkan pengetahuan baik secara offline seperti ikuti seminar atau bergabung dengan komunitas saham dengan mentor berpengalaman, dan berlatih secara teratur dalam proses investasi adalah rahasia untuk menaklukkan pasar saham.

Semoga kamu bisa beruntung dan semoga sukses di jalan menuju investasi saham, dan semoga tulisan ringkas ini tentang cara bermain saham di bursa saham Indonesia bisa bermanfaat untuk banyak orang!