Simak Kelebihan Hosting Berbayar dan Juga Kekurangannya

Memiliki banyak kelebihan hosting berbayar memang sudah pasti mengingat ada biaya yang harus dibayarkan. Namun kamu juga harus tahu apa saja kekurangannya agar tidak merasa kecewa ketika sudah melakukan pembayaran.

Hosting merupakan ladang server digunakan para pemilik web untuk menyimpan data dan file-file mereka. Istilahnya numpang penyimpanan dimana tempatnya ada disediakan gratis dan ada juga harus membayar.

Ketika seseorang harus membayar untuk sewa tempat penyimpanan sudah pasti mengharapkan banyak kelebihan. Hal ini sangat wajar karena ada biaya yang seharusnya sebanding dengan kualitas layanan dari penyedia hosting tersebut.

Jika kamu masih ragu menggunakan hosting berbayar maka harus cari informasi detail kelebihan dan kekurangannya. Jangan sampai salah mengambil keputusan mengingat pengelolaan web tidak boleh asal-asalan jika ingin hasilnya maksimal.

Kelebihan Hosting Berbayar yang Perlu Diketahui

Mengetahui apa saja kelebihan dari hosting berbayar sangat penting sebagai dasar pengambilan keputusan. Apalagi kamu harus mengeluarkan dana tersendiri untuk membayarnya jadi harus tahu dulu apa saja kelebihannya.

  1. Fasilitas lebih lengkap

Hosting yang berbayar sudah banyak dibuktikan oleh pemilik website kalau mereka akan mendapatkan fasilitas mumpuni. Layanan penyedia hosting tidak akan membiarkan kamu mengeluarkan uang tanpa adanya perbedaan dengan gratisan.

Fasilitas lebih mumpuni dan lengkap membuat para pengguna menjadi lebih nyaman dan betah berlama-lama. Hal ini dapat mempengaruhi jumlah pengunjung web kamu dan meningkatkan traffic ke arah positif.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Web Hosting Terbaik Indonesia

Fasilitas dimaksud seperti bisa melakukan pemasangan plugin, berbagai script dan fasilitas PHP maupun JSP. Kamu bisa mendapatkan fasilitas diinginkan asalkan membayar sesuai dengan paket fasilitasnya.

  1. Memiliki kesan profesional

Kelebihan lainnya yaitu kamu akan mendapatkan kesempatan untuk memiliki nama domain sendiri. Hal ini terkesan sederhana namun justru sangat menarik karena mampu meningkatkan rasa percaya diri pemilik website itu sendiri.

Apalagi jika kamu menggunakannya untuk bisnis maka sangat terkesan profesional dan terpercaya dengan nama domain sendiri. Bahkan website tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sarana branding yang lebih murah dibanding media lainnya.

  1. Jaminan keamanan lebih baik

Satu lagi kelebihan hosting berbayar yaitu kamu bisa mendapatkan jaminan keamanan karena sistemnya lebih baik. Jika dibandingkan dengan yang gratisan jelas sangat berbeda tanpa adanya jaminan keamanan.

Penyedia hosting yang memang berbayar akan selalu menjaga data-data tersimpan sehingga lebih aman. Bahkan sangat jauh dari para hacker yang sengaja membaca data-data dan aset penting dalam web tersebut.

Kekurangan Jika Memilih Hosting Berbayar

Selain mengetahui kelebihan hosting berbayar sebaiknya kamu perlu memahami juga apa saja kekurangannya. Agar kedua sisi ini seimbang sebagai pertimbangan ketika akan menentukan keputusan terbaik untuk website kamu.

  1. Perlu mengeluarkan dana

Kekurangan paling utama dan mendasar yaitu kamu harus mengeluarkan uang untuk proses pembayaran. Jika website untuk keperluan bisnis mungkin tidak akan terasa biayanya karena ada dana sendiri yang disediakan.

Baca Juga:  Tips Memilih Cloud Hosting Terbaik untuk Toko Online

Namun bagi website yang dikelola pribadi, masih pemula dan proses belajar terkadang cukup memberatkan. Apalagi website yang dikelola belum memberikan penghasilan sehingga harus mengeluarkan dana pribadi untuk membayarnya.

Pembayaran harus dilakukan terus menerus meskipun kamu bisa memilih paket hosting yang akan digunakan. Namun terkadang biayanya cukup mahal untuk dipakai web baru dan kadang tidak sebanding dengan kualitasnya.

  1. Diwajibkan melakukan perawatan

Meskipun ada harga yang ditawarkan namun para pemilik web tetap harus melakukan perawatan sendiri. Perawatan yang dimaksud seperti upgrade, maintenance, backup yang harus dilakukan sendiri meskipun kamu sudah membayarnya.

Perawatan seperti ini sangat berpengaruh pada kinerja website itu sendiri namun terkadang menyita waktu. Belum lagi banyak pemilik website yang kesulitan sehingga harus menggunakan jasa pihak lain lagi.

  1. Kehandalan tergantung paketnya

Kelebihan hosting berbayar tergantung pada paketnya dan hal inilah menjadi kekurangan yang harus diperhatikan. Kamu bebas membeli atau menyewa hosting sesuai dengan penawaran paketnya yang beda harga.

Jika kamu memilih harga murah maka tidak akan mendapatkan fasilitas selengkap yang harganya mahal. Bahkan tidak berbeda jauh dengan gratisan sehingga hal ini sangat merugikan kalau tidak pandai memilih paketnya.

Jadi Hosting Berbayar, Menguntungkan atau Tidak?

Setelah mengetahui apa saja kelebihan hosting berbayar sekaligus kekurangannya, bagaimana kesimpulannya? Pada intinya segala sesuatu pasti memiliki dua sisi baik entah itu karena kelebihan atau justru karena kekurangannya.

Baca Juga:  Pahami Definisi Apa itu Hosting, Cara Kerja dan Jenisnya

Ditinjau dari hal tersebut sebenarnya dapat disesuaikan dengan tujuan kamu membuat sebuah website. Jika tujuan pembuatan website kamu untuk perusahaan, bisnis ataupun mencari penghasilan secara serius maka lebih baik berbayar.

Karena proses meningkatkan traffic jauh lebih cepat dan kemudahan akses oleh pengunjung sudah pasti didapatkan. Seperti dijelaskan tampilan yang profesional membantu bisnis kamu menjadi lebih dipercaya dan semakin diminati.

Kamu juga akan mendapatkan banyak kemudahan karena dibantu penyedia layanan hosting dalam pengelolaan website. Sehingga tidak terlalu ribet sendiri meskipun harus mengeluarkan uang untuk biaya pembelian hosting.

Jika kamu memutuskan menggunakan hosting yang berbayar disarankan sekalian mencari yang fasilitasnya lengkap. Agar kinerja websitenya sudah pasti maksimal, lebih responsif, layananan juga tidak setengah-tengah dan hasilnya jauh lebih memuaskan.

Namun jika tujuan kamu membuat web untuk tujuan belajar mandiri atau hanya untuk memenuhi tugas. Sebaiknya dimulai dengan menggunakan hosting gratisan saja agar tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya.

Sekaligus dapat digunakan sebagai media belajar yang murah dan kamu bisa meningkatkan kualitas website dengan cara lainnya. Kalau gratisan intinya harus rajin mempelajari sendiri agar mendapatkan kualitas seperti yang berbayar.

Dapat disimpulkan jika yang berbayar akan sangat menguntungkan jika web digunakan secara profesional untuk tujuan penting. Mengingat lebih banyak kelebihan hosting berbayar dibanding kekurangannya jadi tidak ada salahnya coba gunakan.