Memilih Web Hosting Gratis Ketahui Apa Saja Kekurangannya

Web hosting gratis saat ini sering digunakan oleh pemula yang baru saja membuat website untuk meminimalkan biaya. Selain itu dimanfaatkan sebagai media belajar mengelola website tanpa harus mengeluarkan biaya apapun.

Penggunaan hosting memang sangat penting untuk tempat menyimpan data maupun penyimpanan file. Dengan begitu website bisa diakses melalui internet baik berupa gambar, tulisan, video dan data-data dalam bentuk lainnya.

Ada dua jenis pilihan hosting yang dapat kamu gunakan dan pilih sesuai keinginan masing-masing. Pilihan tersebut yaitu hosting berbayar yang banyak ditawarkan penyedia layanan hosting maupun gratisan.

Pembahasan kali ini fokus ke hosting gratisan yang sebenarnya memiliki banyak kelebihan. Secara sekilas fungsinya hampir sama dengan yang berbayar namun kamu tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali.

Namun sebelum memutuskan menggunakan hosting web gratis sebaiknya jangan hanya fokus ke kelebihannya saja. Karena pasti ada saja kekurangannya mengingat kamu tidak membayar apapun jika menggunakan hosting gratisan.

6 Kekurangan Jika Menggunakan Web Hosting Gratis

Memutuskan untuk menggunakan website hosting gratisan memang tidak dapat dipungkiri ada beberapa kekurangannya. Setidaknya ada 6 kekurangan utama yang perlu diketahui sebagai pertimbangan sebelum kamu mengambil keputusan.

  1. Kapasitasnya Sangat Terbatas

Perbedaan utama antara berbayar dengan gratisan sangat terlihat nyata dari kapasitasnya. Web hosting gratis memiliki kapasitas sangat terbatas sehingga tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal dalam pengelolaan website.

Terbatasnya kapasitas ini membuat kamu tidak bisa membuat banyak konten untuk dimasukkan ke websitenya. Padahal konten tersebut memiliki peran penting untuk menunjukkan kualitas websitenya dan sebagai media berkreasi.

Baca Juga:  Perbedaan Hosting dan Domain yang Perlu Kamu Ketahui

Misalnya kamu mendapatkan kapasitas disk space hosting hanya 500 Mb dan jika sudah terpenuhi. Maka kamu tidak akan bisa input data dalam bentuk apapun termasuk gambar, video, data dan lainnya.

Selain tidak bisa input konten lagi, penuhnya kapasitas membuat website kamu menjadi tidak responsif. Hal ini membuat proses loading menjadi sangat lama atau lemot sehingga banyak pengunjung menjadi malas menunggu.

  1. Keamanan Data Tidak Terjamin

Kekurangan lain perlu diketahui yaitu dari segi keamanan data tidak ada jaminan sama sekali. Perlu diketahui keamanan menjadi hal sangat penting dan tidak boleh diabaikan sama sekali.

Coba perhatikan sudah membuat desain website sedemikian rupa, kemudian banyak file dan data-data penting. Bahkan juga mempunyai pengunjung banyak namun tiba-tiba semua data menghilang jelas sangat merugikan.

Data history semua juga bisa hilang sehingga riwayat pencarian bisa menghilang dan merugikan website kamu. Banyak yang sudah menggunakan hosting gratisan dan menceritakan pengalaman akan hal ini.

Sementara yang berbayar akan mendapatkan jaminan keamanan dari penyedia layanan hosting sepenuhnya. Hal ini sebanding dengan harga yang harus dibayarkan dan sangat menguntungkan untuk web bisnis.

  1. Bantuan atau Support Sangat Minim

Customer service menjadi layanan penting yang biasa disediakan oleh penyedia layanan hosting berbayar. Dengan layanan ini para pengguna memiliki kesempatan mendapatkan informasi dan bantuan lebih mudah lagi.

Baca Juga:  5 Daftar Cloud Server Gratis Terbaru

Sehingga ketika ada kendala atau masalah maka dapat dibantu secepat mungkin dan diselesaikan oleh penyedia layanannya. Kapanpun kamu membutuhkan bantuan pasti akan direspon dengan cepat sehingga sangat memudahkan.

Namun jika memilih web hosting gratis maka kamu harus terima jika bantuan yang diberikan sangat minim. Bahkan kamu akan kesulitan terhubung dengan bantuan atau support sistem dan memakan waktu lama.

Hal ini menyebabkan kendala yang kamu alami akan lebih rumit proses perbaikannya dan butuh waktu juga. Karena pengelola hosting tidak segera membantu kamu sehingga harus lebih sabar lagi.

  1. Fitur dan Fasilitas Tidak Lengkap

Kalau fitur dan fasilitas yang disediakan web hosting gratis sama dengan berbayar pasti banyak orang memilih gratisan. Maka dari itu menjadi sangat wajar jika yang gratisan fitur dan fasilitasnya sedikit.

Sebenarnya fitur dan fasilitas yang disediakan oleh penyedia layanan hosting memberikan pengaruh penting untuk website kamu. Sehingga ada banyak pilihan yang ditawarkan dengan harga bervariasi sesuai dengan paketnya.

Semakin mahal paket yang ditawarkan biasanya fasilitas maupun fiturnya akan semakin lengkap untuk digunakan. Kamu bebas memilih manapun fitur-fitur serta fasilitas yang dibutuhkan sesuai kemampuan membayarnya.

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan yang gratisan maka jangan heran jika semua disediakan seadanya. Kamu hanya perlu memanfaatkan apa yang disediakan dan digunakan secara maksimal karena memang tidak ada biayanya.

  1. Server Sering Down
Baca Juga:  Tips Memilih Cloud Hosting Terbaik untuk Toko Online

Kekurangan yang perlu dipertimbangkan jika memilih web hosting gratis yaitu permasalahan tentang servernya. Jangan heran jika server labil artinya server tersebut sering down dan sangat berpengaruh ketika diakses pengunjung.

Karena gratisan biasanya satu server akan digunakan oleh banyak website dan hal ini penyebab sering down. Kalau kamu tidak ingin berbagai server maka harus memilih yang berbayar jauh lebih aman.

Jika kamu menggunakan hosting gratisan untuk membuat website bisnis maka hal ini akan sangat merugikan. Kualitas website saat ini digunakan konsumen untuk menentukan kualitas produk dan berpengaruh pada branding.

Namun kalau pembuatan website digunakan untuk kepentingan pribadi maka bisa mengajarkan kamu lebih sabar. Jadi pertimbangkan tujuan pembuatan websitenya terlebih dahulu karena kualitas server sangat berpengaruh.

  1. Muncul Iklan di Website

Kekurangan terakhir yang terkadang menganggu yaitu munculnya iklan di website kamu dan tidak boleh protes. Pemasangan iklan ini dilakukan oleh pihak hosting untuk mendapatkan penghasilan tambahan karena tidak ada biaya.

Karena kamu mendapatkan layanan secara gratis maka harus menerima jika muncul iklan yang terkadang terasa spam. Kamu harus menerima apa adanya dan kalaupun protes tidak akan ada perubahan sama sekali.

Setelah mengetahui apa saja kekurangan memakai hosting yang gratis maka bisa lebih mudah mengambil keputusan. Silahkan pertimbangkan sendiri tujuan pembuatan websitenya agar tepat kalau kamu ingin memilih web hosting gratis.