Memilih Hosting Website Perlu Memperhatikan Hal Berikut

Terkadang memilih hosting website membuat kamu bingung karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mengingat hosting memiliki peran penting dan sudah menjadi sebuah keharusan ketika kamu membuat website.

Banyak pemilik web menganggap jika penggunaan hosting apa saja boleh asalkan tersedia dan sudah memilikinya. Akibatnya ketika website tidak responsif dan masih sulit diakses baru menyadari pentingnya hosting.

Banyak penyedia layanan hosting menawarkan berbagai pilihan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Sangat disarankan untuk mencari perusahaan penyedia layanan hosting profesional demi keberlangsungan hidup web kamu.

Salah satunya dengan memperhatikan bagaimana kualitas service atau layanan yang diberikan untuk kamu. Agar bisa mendapatkan jaminan kualitas layanan sehingga bisa bekerja sama dalam pengelolaan website kamu.

Jangan sampai memilih dengan hanya memperhatikan dari segi harga namun tidak perduli bagaimana kualitas layanannya. Mengingat harga murah ataupun mahal tidak bisa memberikan jaminan layanan hosting tersebut profesional.

Hal-Hal Penting Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Hosting Website

Untuk membantu kamu agar lebih mudah menentukan pilihan maka bisa menggunakan hal-hal penting berikut sebagai pertimbangan. Setidaknya layanan hosting yang dipilih sudah memenuhi semua standar agar kamu mendapatkan layanan profesional.

  1. Customer Support

Pertimbangan paling mendasar ketika memilih hosting website adalah dengan memperhatikan customer support. Pastikan perusahaan website hosting yang kamu pilih menyediakan layanan customer support ini kepada semua penggunanya.

Customer support sama halnya dengan customer service digunakan sebagai pusat informasi dan pusat bantuan. Sehingga keberadaannya menjadi hal paling penting karena membantu kamu ketika memilih hosting dari perusahaan tersebut.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Web Hosting Terbaik Indonesia

Melalui layanan ini kamu bisa mendapatkan berbagai jawaban atas informasi kurang dipahami. Bahkan bisa membantu mengatasi jika ada kendala pada website ataupun sedang terjadi error sesekali.

Kamu harus memastikan kalau perusahaan tersebut menyediakan layanan customer support yang profesional dan responsif. Dengan menanyakan dari awal layanan apa saja yang disediakan sehingga bisa mengetahui bagaimana responnya.

  1. Price

Pertimbangan kedua dalam memilih hosting website adalah dari segi harga karena banyak hal menarik harus diketahui. Mempertimbangkan harga bukan sekedar menentukan berapa banyak nominal yang harus dibayarkan.

Mahal atau murahnya harga yang ditawarkan tidak dapat menjadikan penentu sebuah kualitas layanan hosting. Harga mahal belum tentu menjadi jaminan berkualitas sedangkan harga murah juga belum tentu jika sangat buruk.

Jadi jangan jadikan harga sebagai patokan untuk mencari layanan hosting profesional karena kamu bisa kecewa. Usahakan mendapatkan harga terbaik, bukan harga termurah untuk melakukan perbandingan kualitas dalam menentukan pilihan.

Misalnya kamu ditawari paket A dengan harga lebih murah namun fasilitas lebih banyak dan lengkap. Sedangkan paket B harga lebih mahal namun kualitas dan fasilitas lebih sedikit sehingga meragukan untuk dipilih.

  1. Back Up

Ketika memilih hosting website jangan mengabaikan untuk mempertimbangkan back up sebagai hal penting. Sebaiknya pilih perusahaan hosting website yang back upnya cukup sehingga data-data dan history menjadi aman.

Baca Juga:  Simak Kelebihan Hosting Berbayar dan Juga Kekurangannya

Cara menemukan perusahaan yang menyediakan back up cukup adalah dengan menanyakannya secara langsung. Tanyakan saja seberapa sering back up tersebut dilakukan dan bisa dipertimbangkan sendiri dengan melakukan perbandingan.

Jika back up yang dilakukan rata-rata sama dengan penyedia hosting lainnya maka sudah cukup bagus untuk digunakan. Namun jika masih dibawah rata-rata sebaiknya pertimbangkan ulang agar tidak menjadi kendala nantinya.

  1. Server

Server menjadi hal penting lainnya yang patut dipertimbangkan dengan matang ketika memilih hosting website. Disarankan untuk memilih layanan hosting yang tidak sering down agar tidak menganggu kinerja website kamu.

Pertimbangkan juga kecepatan loading agar website lebih responsif sehingga menarik pengunjung lebih banyak lagi. Server yang sering overload membuat website kamu menjadi lebih mudah down dan hal ini sangat merugikan.

Sebaiknya gali informasi sebanyak mungkin apakah server stabil dan kecepatannya sudah sesuai harga yang ditawarkan. Jika kedua syarat ini sudah terpenuhi semua maka kamu akan menjadi lebih tenang.

Satu hal lagi perlu dipertimbangkan yaitu jenisnya kamu bisa memilih lokal atau internasional. Lokal artinya hanya orang-orang dalam negeri saja yang bisa mengakses, sedangkan internasional maka dari luar negeri juga.

  1. Security

Security atau keamanan menjadi kunci penting yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih hosting website. Kamu pasti tidak ingin mengambil risiko dengan mengabaikan faktor keamanan website dari serangan hacker.

Baca Juga:  Fungsi Penting Hosting yang Sangat Bermanfat untuk Website

Mengingat saat ini banyak hacker yang sangat canggih kapanpun bisa meretas data-data di website kamu dengan mudah. Jika sudah terkena hacker maka sedikit banyak pasti akan memiliki dampak merugikan.

Jadi sebaiknya kamu mencari layanan hosting yang memberikan jaminan keamanan untuk website kamu. Tujuannya agar dalam meminimalkan risiko terjadinya pencurian data dari aktivitas-aktivitas mencurigakan dari history website kamu.

Jika penyedia layanan hosting sudah memberikan jaminan maka tidak perlu adanya proteksi tambahan. Kamu cukup melakukan pengecekan saja karena semua hal tentang keamanan sudah diatasi oleh perusahan tersebut.

  1. Storage

Hal terakhir yang harus dipertimbangkan adalah storage atau kapasitas untuk menyimpan data atau file-file website. Kapasitas ini sangat berpengaruh dengan kinerja website apakah akan menjadi responsif atau justru lemot.

Tingginya traffic tanpa diimbangi kapasitas yang mumpuni akan membuat website kamu tidak menjadi responsif. Hal ini akan membuat pengunjung menjadi malas dan tidak tertarik untuk mengakses lebih lama lagi.

Usahakan untuk mencari layanan hosting yang menawarkan kapasitas cukup besar agar website lebih berkualitas. Hal ini biasanya akan sebanding dengan harga yang ditawarkan jadi jeli dan teliti menjadi kunci penting.

Memiliki website sendiri terkadang membuat kamu pusing karena banyak hal yang harus dipertimbangkan terkait hosting. Mengingat dalam memilih hosting website tidak boleh sembarangan agar website lebih optimal dan berkualitas.