Tips Investasi Saham Yang Menguntungkan Untuk Pemula

Untuk kamu yang ingin terjun ke dunia investasi saham, kamu tidak boleh asal-asalan dalam melakukan transaksi jual beli saham. Karena ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam bermain investasi saham, sehingga portofolio saham kamu akan menghasilkan banyak keuntungan.

Jadi untuk kamu yang ingin mendapatkan keuntungan di investasi saham, terutama untuk pemula, silahkan simak beberapa tips dari kami berikut ini:

  1. Belilah Saham Yang Untung

Dalam berinvestasi saham jangka panjang, pastinya kamu tidak boleh membeli saham yang sedang dalam keadaan rugi. Ini bisa menyebabkan kamu akan kehilangan banyak uang karena perusahaan tersebut tidak menghasilkan laba. Jadi hal pertama yang wajib kamu perhatikan sebagai investor saham, lihatlah apakah emiten tersebut dalam 5 sampai 10 tahun terakhir memiliki pendapatan keuntungan yang stabil atau tidak.

Selain melihat dari laba tahunan, kamu juga harus melihat informasi seperti aktivitas operasional dan arus kas dari perusahaan tersebut. Kamu harus mencari perusahaan yang memiliki angka arus kas yang dekat dengan net income.

  1. Nilai ROE atau Return on Equity Diatas Bunga Kredit Bank
Baca Juga:  Cara Jual Beli Saham Online Untuk Pemula

Selanjutnya pemilihan investasi saham di perusahaan yang tepat kamu harus memilih saham yang memiliki ROE diatas bunga bank perusahan tersebut.

  1. Rasio DER atau Debt to Equity Ratio

Kamu juga harus memperhatikan Debt to Equity Ratio (DER) perusahaan tersebut, walaupun bisa dikatakan hampir 90 persen dari emiten di saham pasti akan memiliki piutang. Untuk membeli saham yang aman kamu harus memilih saham yang tidak memiliki hutang tinggi atau memiliki rasio hutang lebih dari 2x data ekuitas.

  1. Pilih Saham di LQ45

Jika kamu masih bingung perusahaan mana saja yang bisa dibeli untuk investasi saham jangka panjang, maka cara termudah untuk meng sortir saham yang ada di bursa efek indonesia adalah dengan memilih saham-saham yang berada di LQ45. Saham yang masuk di LQ45 ini sering disebut dengan saham Blue Chip karena memiliki kapitalisasi pasar yang besar.

  1. Cek Laporan Keuangan
Baca Juga:  Cara Trading Saham Untuk Pemula Yang Wajib Diketahui

Tips investasi saham lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah dengan mengecek laporan keuangan. Dengan mengetahui laporan keuangan ini bisa membantu kamu lebih mengenali manajemen perusahaan tersebut apakah net income perusahan tersebut positif atau negatif.

Selain dengan memperhatikan beberapa tips investasi saham yang menguntungkan untuk pemula di atas, kamu juga bisa mengetahui apakah saham tersebut beberapa tahun kedepan akan menguntungkan untuk investasi jangka panjang atau tidak dengan membaca berita terbaru tentang perusahaan, melihat kondisi perekonomian dalam negeri dan luar negeri.

Teknikal Investasi Saham Jangka Panjang Yang Menguntungkan

Baca Juga:  Cobalah 10 Aplikasi Penghasil Uang Langsung Masuk Rekening yang Menguntungkan

Selain kamu harus memahami tips diatas yang bisa dikatakan tips diatas adalah menganalisa saham dari fundamentalnya, kamu juga dalam membeli saham tersebut harus mengetahui teknikalnya. Dalam teknikal bermain saham ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti :

  1. Lakukan analisis apakah saham tersebut sedang uptrend atau downtrend, belilah saham yang sedang posisi uptrend dalam 5 tahun terakhir dan hindari saham yang sedang downtrend 5 tahun terakhir.
  2. Pelajari cara menentukan support dan resistance untuk mengetahui dimana harga terbaik untuk kamu entry beli saham tersebut.
  3. Cek apakah harga saham saat ini merupakan harga wajar dari saham tersebut atau saham tersebut sedang dipermainkan Bandar.

Sekian yang dapat kami sampaikan semoga dengan membaca beberapa tips investasi saham jangka panjang untuk pemula diatas bisa bermanfaat dan mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang kamu harapkan.