Cara Membeli Saham Untuk Pemula dan Simulasi Jual Beli Saham

Dengan kemudahan dan akses informasi yang cepat, membuat banyak orang cepat mengetahui investasi saham. Tapi banyak dari orang yang mengetahui dari sosial media bahwa banyak orang mendapatkan cuan yang mudah dari saham tapi masih bingung tentang cara membeli saham. Lalu bagaimana sih cara membeli saham untuk pemula?

Disini kami juga akan menginformasikan jika dalam bermain saham sebenarnya tidak hanya keuntungan yang kita dapat, tetapi juga kita bisa juga mendapatkan kerugian saat membeli saham di pasar modal. Jika dibandingkan dengan investasi lain seperti emas, tabungan berjangka, deposito, obligasi dan reksadana investasi saham sebenarnya memiliki resiko yang lebih tinggi. Tapi juga bisa menghasilkan keuntungan yang tinggi juga jika kita pintar dalam berinvestasi saham.

Cara Membeli Saham Untuk Pemula

Untuk kamu yang baru ingin bermain saham dan masih belum mengetahui cara membeli saham, kamu harus mengikuti hal berikut :

  1. Mendaftar Ke Perusahaan Sekuritas
Baca Juga:  Cara Trading Saham Untuk Pemula Yang Wajib Diketahui

Tahap pertama kamu harus mendaftarkan diri ke perusahan sekuritas yang terdaftar di BEI atau Bursa Efek Indonesia. Kamu bisa mendaftarkan diri ke perusahaan sekuritas secara offline dan online. Jika tidak ingin ribet kamu bisa mendaftarkan diri ke perusahaan sekuritas yang menyediakan pendaftaran full online tanpa perlu ke kantor.

  1. Siapkan Modal

Setelah mendaftarkan diri ke perusahaan sekuritas, langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal untuk membeli saham di Bursa Efek Indonesia. Minimal modal yang bisa kamu setorkan ke pihak sekuritas adalah Rp 100 ribu.

  1. Ketahui Fee Jual Beli Saham

Tahukah kamu bahwa setiap transaksi jual beli saham ada fee dan pajak yang harus kita bayarkan ke pihak broker atau perusahaan sekuritas. Untuk fee beli saham di beberapa sekuritas di Indonesia sekitar 0,15% sampai 0,18% dan untuk fee jual saham sekitar 0,25% sampai 0,28%.

Baca Juga:  Cara Jual Beli Saham Online Untuk Pemula

Simulasi Cara Membeli Saham

Untuk lebih jelas tentang cara membeli saham, kami akan memberikan simulasi perhitungan jual beli saham di bursa efek indonesia sebagai berikut :

Ketika kita membeli suatu saham di BEI, minimal kita bisa membeli 1 lot atau setara dengan 100 lembar saham.

Misal kamu memiliki modal Rp 100 ribu dan ingin membeli saham A sebanyak 5 lot dengan harga per lot adalah Rp 100 dan perusahaan sekuritas tersebut menetapkan biaya transaksi beli sebesar 0,3 persen.

Maka kamu harus membayar saham A tersebut dengan harga Rp 50 ribu + fee 0,3 persen menjadi Rp 50.150.

Rinciannya adalah sebagai berikut :

  • 5 lot ( 500 saham ) x Rp 100  = Rp 50 ribu
  • Fee 0,3 persen x Rp 50 ribu = Rp 150
Baca Juga:  Keuntungan Investasi di Pasar Modal

Kemudian harga saham A tersebut naik menjadi Rp 150 per lotnya, dan kamu ingin menjualnya maka hitungannya adalah sebagai berikut :

  • 5 lot ( 500 saham ) x Rp 150  = Rp 75 ribu
  • Fee penjualan 0,3 persen x Rp 75 ribu = Rp 225
  • Pajak penjualan 0,1 persen x 75 ribu = Rp 75

Jadi total yang kita terima dari hasil penjualan saham A Rp 75 ribu – ( Rp 225 + Rp 75 ) = Rp Rp 74.700

Bagaimana apakah sudah paham tentang cara membeli saham untuk pemula yang kami jelaskan diatas beserta simulasi cara membeli dan menjual saham? Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang baru bermain saham dan bisa sukses mendapatkan banyak cuan dari trading dan investasi saham.