Cara Jual Beli Saham Online Untuk Pemula

Cara jual beli saham online bukanlah hal yang sulit dilakukan, walaupun kamu merupakan seorang pemula proses jual beli ini sangatlah mudah. Tapi, dalam proses transaksi saham, kamu tidak bisa sembarangan melakukan jual beli, karena jika kamu salah beli saham kamu bisa kehilangan banyak uang dan untuk waktu jual dan beli di pasar saham juga ada waktunya tidak setiap jam bisa kita lakukan transaksi jual beli.

Bagaimana Cara Jual Beli Saham Online?

Sebelum kamu masuk ke bursa saham indonesia untuk melakukan transaksi jual beli saham online, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar proses transaksi jual beli saham kamu bisa menguntungkan. Berikut ini ada beberapa tips tentang cara jual beli saham online untuk pemula agar cuan.

  1. Memilih Broker Saham atau Perusahaan Sekuritas

Pertama-tama step yang harus kamu lalui untuk bisa bertransaksi jual beli saham online adalah mendaftarkan diri di perusahaan sekuritas atau broker saham. Usahakan dalam memilih broker saham kamu mencari broker yang sudah terdaftar resmi di BEI atau bursa efek indonesia, kemudian kamu juga harus mencari broker yang sudah terdaftar di OJK. Untuk memilih broker saham atau perusahaan sekuritas, bisa kamu baca di artikel cara memilih broker saham terpercaya dan terdaftar di OJK.

  1. Membuka Rekening Saham RDN
Baca Juga:  Cobalah 10 Aplikasi Penghasil Uang Langsung Masuk Rekening yang Menguntungkan

Setelah kamu memilih broker saham yang ingin kamu ikuti, kamu lanjutkan dengan membuka rekening saham. Biasanya setiap broker saham atau perusahaan sekuritas, memiliki bank penampung rekening saham masing-masing. Jadi kamu harus mengikuti aturan dari broker tersebut, jika belum memiliki rekening saham atau RDN yang bekerjasama dengan sekuritas tersebut, silahkan kamu daftarkan terlebih dahulu.

  1. Top-UP
Baca Juga:  Rekomendasi Broker Saham Terpercaya dan Terdaftar di OJK

Tahap selanjutnya kamu harus melakukan top up ke rekening RDN, setoran awal ini tergantung dengan aturan yang diberlakukan oleh broker yang kamu pilih. Ada beberapa broker mengharuskan kamu melakukan minimal deposit pertama untuk bisa melakukan transaksi jual beli saham online.

  1. Jual Beli Saham Online

Jika saldo RDN kamu sudah masuk, kamu bisa langsung melakukan transaksi jual beli saham online, kamu bisa menginstall aplikasi atau software yang telah disediakan oleh perusahaan sekuritas atau broker yang kamu pilih. Untuk transaksi jual beli saham online kamu harus memperhatikan hal berikut :

  1. Kamu bisa masuk ke kolom pencarian untuk menemukan saham yang ingin kamu beli, tapi disini setiap perusahaan di bursa saham memiliki kode yang berbeda-beda, misalnya bank BCA kodenya ada BBCA, bank BRI kodenya BBRI.
  2. Jika kamu sudah memilih salah satu saham yang ingin dibeli, selanjutnya kamu harus melihat tabel harga dalam aplikasi ada tabel bid dan offer.
  3. Jika kamu ingin langsung membelinya kamu bisa pasang harga beli sama dengan offer terendah yang ditawarkan pada tabel harga bid dan offernya. Tapi jika kamu mengantri di offer terendah kamu harus mengantri untuk mendapatkan saham tersebut sampai ada harga saham tersebut turun ke harga yang kamu inginkan.
Baca Juga:  Cara Belajar Saham Yang Tepat Untuk Pemula Dari Nol

Pada proses jual beli saham online ini, kami sarankan kamu tidak boleh sembarangan membeli saham. Karena harga beli saat kamu membeli bisa menentukan apakah kamu akan mendapatkan keuntungan atau kerugian. Sebelum memulai untuk membeli saham, kamu harus belajar tentang harga wajar suatu saham atau fundamental perusahaan serta juga belajarlah tentang teknikal saham.