Pengertian Premi Asuransi dan Jenis Premi Asuransi

Setiap kamu membaca produk asuransi pastinya kamu akan sering membaca informasi tentang Premi asuransi, tapi apa sih sebenarnya pengertian premi asuransi? Jika kamu adalah orang awam dan baru ingin mempelajari produk asuransi maka mengetahui pengertian premi asuransi bisa membuat kamu lebih paham tentang produk asuransi dengan lebih mendalam.

Pengertian Premi Asuransi

Premi Asuransi merupakan sebuah tanggungan biaya yang nantinya menjadi sebuah kewajiban untuk para nasabah perusahaan asuransi yang mengharuskan mereka membayarkan uang dengan jumlah dan jangka waktu yang telah ditetapkan dan disepakati bersama.

Untuk proses pembayaran premi asuransi ini, umumnya masih seperti dengan pembayaran tagihan lainnya yaitu dilakukan setiap bulan dan berdasarkan jangka waktu yang diambil. Tetapi ada beberapa produk asuransi yang dimana kita hanya cukup membayarkan premi satu kali saja dengan jumlah yang besar.

Baca Juga:  Daftar Rekomendasi Asuransi Jiwa Online Terbaik

Biaya dan jangka waktu premi ini kita ketahui ketika kita membaca sebuah polis dari produk asuransi yang kita beli, polis ini adalah sebuah dokumen perjanjian yang sudah kita sepakati bersama dengan pihak perusahaan asuransi.

Jenis Premi Asuransi

Berdasarkan jenisnya premi asuransi umumnya terdiri dari beberapa jenis seperti :

  1. Premi Asuransi Kecelakaan Diri
Baca Juga:  Perberdaan Asuransi Islam atau Asuransi Syariah dengan Konvensional

Ini adalah biaya yang harus kita bayarkan untuk bisa mendapatkan jaminan ketika sewaktu-waktu terjadi sebuah insiden kecelakaan pada pemilik polis. Premi ini banyak orang beli, karena menyadari akan adanya tingkat kecelakaan di jalan raya yang cukup tinggi. Premi kecelakaan diri biasanya juga terdiri dari 2 produk yaitu premi kecelakaan diri saat liburan dan premi asuransi kecelakaan saat berkendara.

  1. Premi Asuransi Perjalanan

Untuk premi asuransi perjalanan ini adalah biaya yang harus nasabah keluarkan untuk menjamin perlindungan finansial ketika sedang melakukan perjalanan domestik maupun internasional. Jadi premi asuransi perjalanan ini cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas sering berpergian jarak jauh, premi ini dibayarkan hanya 1 kali selama saat kamu membeli tiket perjalanan.

  1. Premi Asuransi Kesehatan
Baca Juga:  Pengertian Asuransi Syariah

Premi selanjutnya adalah salah satu premi yang paling umum dan pasti dimiliki oleh semua orang. Untuk premi ini kita harus membayarkan premi setiap bulannya dengan besaran tergantung dengan produk dan layanan yang diambil sesuai polis. Jika dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan mendadak ketika terjadi masalah pada kesehatan dan kita memerlukan pengobatan, premi asuransi kesehatan ini masih sangatlah murah. Dibandingkan ketika kita sakit menggunakan biaya sendiri.