Mengenal Dedicated Server Hosting dan Kelebihannya

Jika kamu memiliki website berkinerja besar, maka dedicated server hosting patut menjadi pilihan yang perlu dipertimbangkan. Era digital menuntut semua lini untuk terus beradaptasi. Apalagi jika kamu memiliki bisnis atau perusahaan.

Maka memiliki website resmi bukanlah pilihan melainkan suatu kewajiban. Melalui website, kamu bisa membagikan informasi dan menjadikannya sebagai platform promosi bisnis, berinteraksi, hingga melakukan transaksi dengan pelanggan.

Untuk membangun sebuah website dengan performa optimal, developer memerlukan web hosting dimana semua data tersimpan di dalamnya. Web host sendiri ada beberapa jenisnya, salah satunya adalah dedicated hosting.

Lantas, apa itu dedicated hosting, apa saja kelebihannya, serta kapan saat yang tepat untuk menggunakannya? Berikut ini akan kami ulas informasinya secara lengkap. Simak penjelasan berikut ini!

Mengenal Apa Itu Dedicated Server Hosting

Dedicated hosting atau server dapat diartikan sebagai server yang hanya didedikasikan untuk satu website saja. Perlu kamu ketahui, bahwa web host yang ditawarkan dengan harga paling terjangkau biasanya adalah jenis shared hosting.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Email Hosting Unlimited Terbaik

Shared host berarti server yang digunakan oleh sebuah website juga digunakan oleh situs web lainnya. Sehingga ini berpengaruh pada performa situs, jika terdapat aktivitas load tinggi bisa terjadi down.

Namun kejadian ini tidak perlu dikhawatirkan apabila kamu menggunakan dedicated hosting. Ini dikarenakan server tersebut menawarkan kekuatan dan fleksibilitas lebih besar dibanding shared hosting. Kapasitas yang diberikan juga jauh lebih besar.

Sehingga pilihan dedicated server hosting sangat cocok untuk website korporat, toko online, maupun website bisnis dengan kapasitas data berukuran besar. Jika kamu merasa trafik semakin besar, saatnya melakukan upgrade ke dedicated hosting.

Fungsi utama web host dedicated server adalah untuk memberikan ruang penyimpanan paling besar bagi sebuah website. Sehingga kamu tidak akan terganggu jika ingin menyimpan big data.

Jenis host dedicated juga mampu menampung trafik tinggi hingga di atas 35 juta pengunjung. Ini sangat cocok untuk jenis website portal berita, maupun website bisnis dengan data raksasa.

Baca Juga:  Fungsi Penting Hosting yang Sangat Bermanfat untuk Website

Meski demikian, perlu diketahui juga bahwa biaya untuk menyewa dedicated hosting bisa berkali-kali lipat dibandingkan shared host. Maka dari itu, kamu harus benar-benar mempertimbangkan apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Kelebihan Dedicated Server Hosting yang Perlu Diketahui

Sebelum berpindah ke server dedicated, ada beberapa kelebihan yang mesti diketahui. Berikut ini beberapa kelebihan jika memilih jenis host satu ini untuk tingkatkan performa website kamu.

  1. Resource Besar dan Tidak Dibagikan

Salah satu kelebihan utama jenis hosting khusus ini adalah menawarkan resource sangat besar. Tidak seperti pada shared host, dedicated host memberikan sumber daya kepada website dari server tunggal.

Server hanya digunakan satu website saja, sehingga tidak perlu khawatir terjadi down akibat lonjakan pengunjung. Berbeda dari shared host dimana website bisa terkena dampak akibat lonjakan penggunaan bandwidth dari situs web lain.

  1. Meningkatkan Kinerja dan Keamanan Website
Baca Juga:  7 Rekomendasi WordPress Hosting Indonesia Terbaik

Kelebihan dedicated server lainnya yaitu memungkinkan peningkatan kinerja serta keamanan website. Hosting khusus ini menjamin waktu aktif secara maksimum sehingga tidak terdampak oleh situs lain.

Server yang digunakan oleh situs web tunggal juga meminimalisir adanya potensi berbagi host dengan situs berbahaya. Kalau kamu mengembangkan situs web dengan aktivitas transaksi sensitif, maka keamanan adalah faktor nomor satu.

  1. Memberikan Fleksibilitas Penuh

Karena host ini tidak dipakai bersama situs lain, maka kamu memiliki fleksibilitas dalam mengelolanya sendiri. Kamu bisa menyesuaikan CPU, RAM, perangkat lunak, hingga sistem operasi sesuai kebutuhan.

Server yang digunakan secara eksklusif tentunya memberikan banyak keleluasaan bagi penggunanaannya. Namun, ini juga diikuti oleh harga sewa dedicated server hosting yang terbilang mahal dibanding jenis shared.