Sebelum Memilih Web Hosting, Perhatikan 4 Faktor Ini

Posted on

Memilih web hosting adalah suatu tantangan tersendiri bagi pengembang website. Website merupakan platform yang kehadirannya semakin penting di era digital. Platform ini memudahkan semua orang mengakses informasi secara online.

Selain digunakan untuk mengakses informasi, web juga menjadi media efektif bagi para pebisnis maupun perusahaan dalam memasarkan bisnisnya. Maka tidak heran jika hingga kini jumlah website yang bisa diakses berjumlah jutaan.

Namun membangun sebuah situs websiet tidak bisa dilakukan jika tanpa hosting. Karena hosting merupakan tempat penyimpanan data-data situs sehingga situs web bisa diakses oleh pengunjung.

Provider hosting beramai-ramai menawarkan produk mereka kepada pada pengembang situs. Agar tidak salah pilih, kamu perlu mengetahui apa saja faktor yang harus diperhatikan saat berlangganan web host.

4 Faktor Penting Saat Memilih Web Hosting

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika kamu hendak mengembangkan sebuah situs web. Diantaranya kecepatan situs hingga keamanan data. Berikut ini 4 faktor penting ketika berlangganan hosting.

  1. Teknologi yang Mendukung Kecepatan

Kecepatan adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kinerja situs website kamu. Berdasarkan laporan dari hasil riset Google, sebanyak 53% visitor akan meninggalkan situs website dengan kecepatan loading-nya melebihi 3 detik.

Data tersebut memberikan gambaran betapa pentingnya kecepatan loading (load speed) bagi website kamu. Oleh karena itu, pastikan website kamu memiliki speed load yang cepat agar performanya selalu maksimal.

Untuk mendapatkan load speed cepat, kamu perlu memilih web hosting yang menyediakan server berteknologi canggih dan terbaru. Dengan begitu, pengunjung betah menjelajahi situs tersebut tanpa terganggu load speed yang lambat.

Di samping itu, perlu diketahui bahwa ternyata load speed juga berpengaruh terhadap rangking website pada mesin pencari. Kalau ingin situsmu tampil di halaman utama Google, pastikan memilih host dengan server berkecepatan tinggi.

  1. Fitur untuk Keamanan Data

Sebuah website tentunya perlu diisi berbagai data mulai dari informasi, database, file, hingga tampilan halaman itu sendiri. Untuk menjaga keamanan data, pastikan kamu memperhatikan fitur pendukung keamanan yang tersedia.

Pilihlah web hosting yang servernya dilindungi oleh sistem pengamanan berteknologi canggih. Dengan begitu, data website selalu aman dan terhindar dari serangan para hacker.

Keamanan data juga dapat meningkatkan pengalaman pengunjung selama menjelajahi situs web. Host provider terpercaya memiliki fitur keamanan terbaru sehingga tidak perlu khawatir data akan hilang, bocor, atau bahkan dihack.

  1. Layanan Support Hosting 24/7

Saat memilih web hosting untuk website kamu, pastikan memilih provider yang menyediakan layanan support secara penuh (full support). Layanan ini sangat penting untuk memudahkan kamu saat menemui kendala atau permasalahan.

Support 24 jam dalam 7 hari memungkinkan kamu untuk menghubungi penyedia host kapan saja tanpa terkendala waktu. Dengan begitu, kamu dapat mengoptimalkan kinerja website kapanpun.

Provider hosting yang menyediakan layanan support 24/7 mengindikasikan bahwa mereka mengutamakan kepuasan pelanggannya. Selain itu, pertimbangkan juga fitur bantuan yang diberikan seperti live chat, ticket support, telepon, dan lainnya.

  1. Perhatikan Harga Saat Memilih Web Hosting

Faktor satu ini juga perlu mendapat pertimbangan tersendiri. Menggunakan jasa web hosting tentunya tidak gratis. Namun sebaiknya jangan terburu-buru terbuai oleh harga yang terlampau murah.

Namun perhatikan juga berapa harga yang dikenakan untuk memperpanjangnya setiap tahun. Host dengan harga murah kemungkinan juga tidak didukung oleh layanan maksimal terkait kecepatan hingga keamanan.

Jangan sampai performa situs web buruk karena salah pilih hosting. Ini bukan hanya berdampak fatal terhadap website, akan tetapi juga berisiko membuat pelanggan kamu menghilang satu per satu.

Membangun dan mengelola website memang tidak mudah serta banyak tantangannya. Selain memikirkan konten, kamu juga perlu memilih web hosting paling sesuai agar performa website optimal.