Tips Memilih Cloud Hosting Terbaik untuk Toko Online

Sebelum memutuskan untuk berlangganan layanan cloud hosting, pastikan kamu mengetahui apa saja tips memilih cloud hosting dengan tepat. Layanan satu ini memang semakin banyak peminatnya.

Hal tersebut lantaran penyimpanan berbasis internet ini menawarkan banyak keunggulan. Antara lain menyediakan resource dengan kapasitas besar, dapat mengakomodasi lalu lintas pengunjung yang tinggi, hingga kemudahan pengelolaannya.

Terlebih penyimpanan berbasis cloud dapat meminimalisir biaya pemakaian perangkat keras (hardware). Dengan mengandalkan teknologi internet, jenis web host ini meminimalisir terjadinya downtime akibat terjadinya masalah pada server.

Banyaknya kelebihan tersebut membuat jenis web host satu ini cocok dipakai untuk membangun website toko online. Terlebih jika toko online yang dikelola memiliki traffic tinggi sehingga memerlukan kapasitas penyimpanan besar.

Tips Memilih Cloud Hosting dengan Tepat

Tingginya peminat layanan cloud hosting membuat para host provider berlomba-lomba menawarkan layanan terbaik mereka. Biar bagaimanapun, kamu tetap harus teliti dalam memilih cloud hosting agar memberikan manfaat terbaik. Berikut ini tipsnya.

  1. Pahami Kebutuhan Sendiri
Baca Juga:  Perbedaan Hosting dan Domain yang Perlu Kamu Ketahui

Sebelum memilih layanan cloud hosting dari provider tertentu, pastikan kamu sudah mengetahui apa saja kebutuhanmu. Sesuaikan dengan kebutuhan website toko online. Jangan sampai kamu tidak mengetahui apa yang dibutuhkan.

Layanan ini termasuk jenis web host dengan biaya yang cukup tinggi. Jadi, sebaiknya memperhatikan poin ini dengan baik agar nantinya fitur yang diperoleh benar-benar tepat sesuai target.

  1. Wajib Memperhatikan Load Balance

Tips memilih cloud hosting yang kedua yaitu memperhatikan aspek load balance. Load balance sendiri bisa didefinisikan sebagai proses pendistribusian lalu lintas atau traffic pengunjung ke beberapa server.

Dalam cloud hosting, load balance merupakan salah satu aspek terpenting dan wajib kamu perhatikan. Kelebihan tipe web host satu ini adalah tersedianya beberapa server sekaligus.

Dengan begitu, ketika salah satu server mengalami masalah pengguna tetap bisa mengakses website melalui server lain yang aktif. Sebelum menyewa hosting di provider tertentu, pastikan provider tersebut menyediakan beberapa server sebagai backup.

  1. Perhatikan Reputasi Provider Hosting
Baca Juga:  7 Rekomendasi WordPress Hosting Indonesia Terbaik

Tips memilih cloud hosting berikutnya, pastikan kamu memilih provider yang memiliki reputasi baik. Ini adalah salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Penyedia web host di Indonesia sangat beragam.

Namun, jangan terburu-buru tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Harga kelewat murah bahkan cenderung tidak masuk akal biasanya tidak diimbangi dengan kualitas layanan. Untuk itu, lebih baik mengutamakan provider bereputasi positif.

Kamu bisa mencari tahunya dengan cara melihat review atau ulasan dari para pengguna layanan provider tersebut. Jangan lupa membandingkan antara satu provider dengan provider lainnya agar menjadi pertimbangan yang matang.

  1. Menyediakan Layanan Full Support

Ini juga merupakan hal yang tidak kalah krusial dalam memilih layanan cloud hosting. Penyedia web host yang kredibel pada umumnya menawarkan layanan support secara penuh.

Baca Juga:  Mengenal Dedicated Server Hosting dan Kelebihannya

Dimana semua pelanggannya bisa menghubungi tim support untuk meminta bantuan terkait kendala teknis maupun non teknis. Ada baiknya kamu memilih penyedia web host cloud yang menyediakan layanan support 24 jam.

Dengan begitu, kamu bisa menghubungi support mereka kapan saja. Support yang tidak tersedia secara penuh tentunya bisa berakibat pada buruknya kinerja website. Ini dapat berpengaruh terhadap situs bisnis atau toko online kamu.

Di samping memperhatikan apakah provider menyediakan support 24 jam, cari tahu juga metode apa saja yang mereka sediakan untuk menghubungi tim support. Metode live chat tentunya lebih menguntungkan dibanding email.

Setelah mempertimbangkan beberapa poin di atas, kamu bisa memilah provider mana yang menyediakan cloud hosting paling tepat sesuai kebutuhan. Dengan tips memilih cloud hosting ini, kinerja toko online lebih maksimal.