Perbedaan Hosting dan Domain yang Perlu Kamu Ketahui

Tidak semua orang memahami apa perbedaan hosting dan domain secara jelas. Padahal keduanya adalah istilah yang sangat jamak digunakan dalam platform website. Sebelum membuat website, pastikan kamu mengetahui apa perbedaannya.

Website merupakan suatu platform internet yang menyediakan berbagai data, seperti teks, video, gambar, file, hingga database. Seiring berkembangnya teknologi dan internet di era digital, platform ini semakin banyak penggunanya.

Mulai dari toko online skala UMKM, perusahaan yang tengah berkembang, hingga korporat besar biasanya memiliki situs tersendiri sebagai media untuk berinteraksi dengan pelanggannya.

Bukan hanya bisnis, platform ini juga kerap dipakai sebagai situs pribadi (personal website), situs portofolio, maupun situs lembaga lainnya seperti pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Hosting dan Domain yang Harus Dipahami

Saat hendak membuat sebuah situs untuk kebutuhan toko online, mungkin kamu akan ditanya seputar hosting dan domain. Lantas, kamu mungkin saja akan bertanya-tanya apa maksud dari kedua istilah tersebut?

Baca Juga:  Kelebihan Shared Hosting dan Manfaatnya untuk Website UMKM

Padahal dalam dunia website, hosting dan domain seolah tidak bisa dipisahkan dan memiliki keterkaitan yang kuat. Penjelasan sederhananya, hosting atau web host adalah lahan dimana rumah kamu berada untuk menyimpan berbagai data.

Sementara domain adalah alamat yang mengarahkan tamu (pengunjung) agar bisa sampai ke rumah kamu tanpa tersesat. Masih bingung dengan gambaran tersebut? Tenang saja, kami akan memberikan penjelasan lebih lengkapnya.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Hosting

Untuk mengidentifikasi perbedaan hosting dan domain, kamu harus mengetahui apa definisi kedua istilah tersebut. Hosting alias web host adalah tempat penyimpanan bagi file, gambar, video, aplikasi, email, database suatu website.

Tanpa adanya web host, kamu tidak akan bisa membangun situs sendiri. Karena tidak adanya lokasi penyimpanan khusus yang memungkinkan pengunjung mengakses file maupun data di dalamnya.

Jika dianalogikan, website bisa disamakan dengan rumah. Sementara itu, hosting adalah lahan tempat rumah tersebut berdiri. Suatu rumah tentu saja tidak bisa berdiri jika tidak ada lahan yang tersedia.

Baca Juga:  5 Daftar Cloud Server Gratis Terbaru

Artinya, sebuah website hanya dapat dibangun apabila terdapat hostingnya. Pengembang situs perlu menyewa web host untuk menyimpan file maupun data-data di situsnya. Ada juga jenis web host gratis.

Namun tentu saja fitur yang tersedia lebih terbatas. Sedangkan web host berbayar menyediakan banyak kelebihan yang tidak ada pada host gratis. Sama seperti lahan perumahan, web host juga memiliki ukuran (kapasitas) berbeda.

Itulah mengapa tersedia beberapa jenis web host dengan kapasitas berbeda juga. Jenis-jenisnya antara lain shared hosting, dedicated server, cloud hosting, Virtual Private Server (VPS), hingga WordPress hosting.

Mengetahui Apa Definisi dari Domain

Perbedaan hosting dan domain tidak bisa dipahami secara menyeluruh jika kamu belum mengetahui apa definisi domain. Istilah ini merujuk pada alamat sebuah website di internet.

Semua website memiliki alamat tersendiri yang biasa disebut dengan IP address. Pada dasarnya, IP address terdiri dari kombinasi angka unik yang berbeda antara satu website dengan lainnya.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Email Hosting Unlimited Terbaik

Namun mengingat kombinasi angka tentunya bukan hal mudah. Untuk itu, dibuatkah sistem penamaan domain untuk mengidentifikasi situs-situs di internet dengan nama tertentu. Domain biasanya diakhiri dengan ekstensi .com, .net, .id, dan lainnya.

Biasanya domain digunakan untuk langsung menuju situs tertentu. Misalnya, untuk mengunjungi halaman Facebook kamu bisa mengetikkan facebook.com pada mesin pencari.

Pilihlah nama domain yang merepresentasikan situs kamu dan mudah diingat. Namun kamu tidak bisa membeli nama domain tertentu. Melainkan hanya bisa menyewanya dalam periode tertentu dan harus memperpanjangnya jika masih ingin memakainya.

Kesimpulannya, hosting berfungsi sebagai tempat menyimpan data. Sedangkan domain bertindak sebagai alamat yang mengarahkan pengunjung ke situs kamu. Setelah mengetahui perbedaan hosting dan domain, kini kamu siap membangun situs sendiri.